Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Struktural Semiotik Pada Cerpen “Saaqi” Karya Nidhal Hamad

putri estuandari

Abstrak


Pelaksanaan pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Malang membutuhkan penunjang pembelajaran yang menyenangkan seperti bahan ajarmelalui game edukasi. Bahan ajar melalui game edukasi dikembangkan sesuai dengan pemanfaatan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah. Bahan ajar game edukasi dipilih karena membuat anak terhibur dan senang, mengenal teknologi komputer, serta dapat mengenalkan teknologi dan berbagai fiturnya.

Tujuan penelitian dan pengembangan adalah mengembangkan bahan ajar game edukasi tata busana tari Beskalan bagi peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian mengacu pada metode Sugiyono (2016) yang dimodifikasi. Metode pengembangan Sugiyono terdiri dari 1) Potensi dan Masalah; 2) Perumusan Tujuan Pembelajaran 3) Pengembangan Materi 4) Desain Produk 5) Pengembangan Instrumen validasi 6) Produksi 7) Validasi 8) Uji coba produk 9) Revisi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket yang diukur dengan skala Likert. Teknik analisis data dalam penelitian dan pengembangan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil pengembangan berupa bahan ajar game edukasi tata busana tari Beskalan. Adapun hasil uji coba adalah sebagai berikut: (1) hasil validasi tahap I ahli materi mencapai persentase 75%, menunjukkan produk cukup valid; untuk ahli bahasa mencapai 76%, menunjukkan produk valid; dan untuk ahli media mencapai 88,72% menunjukkan produk valid; (2) uji kelompok kecil yang dilakukan oleh 5 siswa secara acak mencapai persentase 82% dikategorikan valid; (3) hasil validasi tahap II ahli materi secara keseluruhan mencapai presentase 96,7%, untuk validasi ahli bahasa mencapai 96%, dan 92,82% untuk hasil validasi ahli media, ketiga validasi dikategorikan valid/layak digunakan; (4) uji kelompok besar yang dilakukan 33 siswa kelas VIII A yang dipilih berdasarkan hasil observasi penulis dan wawancara dengan guru memperoleh persentase sebesar90,1%, dikategorikan valid/layak digunakan.

Berdasarkan hasil validasi dan uji coba, menunjukkan bahwa bahan ajar game edukasi tata busana tari Beskalan valid/layak digunakan dalam pembelajaran. Saran bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dan pengembangan sejenis, disarankan bahan ajar game edukasi dikembangkan dengan materi yang lebih bervariasi dan bias digunakan menggunakan smart phone.