Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Pemustaka terhadap Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Umum Kota Bata

Dyan Rizky Ariestasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Layanan sirkulasi adalah layanan yang melayani pemustaka untuk melakukan peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan bahan pustaka milik perpustakaan. Selain itu layanan sirkulasi bertugas mengawasi keluar-masuknya bahan koleksi yang bertujuan untuk meminimalisir hilangnya koleksi perpustakaan. Kegiatan layanan sirkulasi antara lain yaitu, pendaftaran anggota, peminjaman, pengembalian atau perpanjangan, penagihan, pemberian sanksi, beres administrasi, dan statistik pengunjung perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Kota Batu. Penelitian ini berfokus pada: (1) Layanan pendaftaran anggota perpustakaan; (2) layanan peminjaman bahan pustaka; dan (3) kegiatan penagihan bahan pustaka di Perpustakaan Umum Kota Batu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data penelitian berupa prosedur layanan sirkulasi di perpustakaan dan persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi di perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pemustaka dan petugas perpustakaan dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil tugas akhir ini menunjukkan (1) persepsi pemustaka terhadap layanan pendaftaran anggota cukup baik. Hal ini dibuktikan dari pernyataan pemustaka bahwa layanan pendaftaran anggota cukup mudah, cepat, dan tepat. Meskipun terkadang kegiatan pendaftaran dapat terhambat karna ada masalah pada server. (3) persepsi pemustaka terhadap layanan peminjaman bahan pustaka sudah baik. Hal ini dapat dibuktikan dari pernyataan pemustaka bahwa proses layanan peminjaman bahan pustaka dilakukan dengan mudah, cepat, dan tepat. Namun terkadang pelayanan tidak berjalan dengan cepat dikarenakan petugas melayani pemustaka yang hendak mendaftar sebagai anggota dan melayani pengembalian bahan pustaka (3) kegiatan penagihan bahan pustaka yang dilakukan petugas kepada pemustaka sudah cukup baik. Hal tersebut dibuktikan dari pernyataan pemustaka pada saat wawancara bahwasannya petugas selalu mengingatkan dan menagih bahan pustaka kepada pemustaka yang mempunyai tanggungan bahan pustaka milik perpustakaan. Namun kebijakan tersebut tidak efektif dalam menanggulangi hilangnya bahan pustaka, karena petugas hanya memperingatkan pemustaka hanya pada saat pemustaka berkunjung ke perpustakaan. Berdasarkan uraian diatas, saran yang dapat dikemukakan untuk meningkatkan layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Kota Batu yaitu (a) merekrut pegawai perpustakaan yang ahli di bidang teknologi informasi supaya masalah yang ada pada server dapat segera ditagani secara cepat dan tepat (b)

vi layanan peminjaman dan pengembailian dipisahkan dengan layanan keanggotaan, agar pelayanan dapat berjalan dengan cepat dan fokus pada satu pelayanan saja (c) Petugas hendaknya meminta kontak pribadi setiap pemustaka yang terdaftar sebagai anggota, agar petugas dapat langsung menghubungi untuk mengingatkan dan memperingatkan pemustaka yang terlambat mengembalikan bahan pustaka