Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Layanan Koleksi Khusus Bung Karno di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar-Jawa Timur

SHAFIRA NUR SYARIFAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Syarifah, Shafira Nur. 2017. Pemanfaatan Layanan Koleksi Khusus Bung Karno di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar-Jawa Timur. Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd.,

 

Kata Kunci : perpustakaan kepresidenan, layanan koleksikhusus Bung Karno

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pemanfataatan layanan Koleksi Khusus Bung Karno di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Penelitian ini berfokus pada (1) latar belakang pemustaka yang memanfaatkan layanan koleksi khusus Bung Karno, (2) sistem  layanan Koleksi Khusus Bung Karno, (3) bentuk pemanfaatan layanan koleksi khusus Bung Karno oleh pemustaka, dan (4) faktor yang memengaruhi ketertarikan pemustaka memanfaatkan layanan koleksi khusus Bung Karno.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodepenelitian deskriptif. Data penelitian berupa deskriptifdarilatar belakang pemustaka, sistem layanan Koleksi Khusus Bung Karno, bentuk pemanfaatan layanan Koleksi Khusus Bung Karno oleh pemustaka dan faktor  yang memengaruhi ketertarikan pemustaka untuk memanfaatkan layanan koleksi khusus Bung Karno. Sumber data berasal daripetugas layanan koleksi khusus Bung Karno, dan pemustakalayanan koleksi khusus Bung Karno UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data dengan memilih data yang dibutuhkan sesuai rumusan masalah, penyajian data (data display) untuk mendapatkan data yang lebih sistematis, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian, Perpustakaan Porklamator Bung Karno menyediakan layanan koleksi khusus Bung Kano. Latarbelakang pemustaka layanan koleksi khusus Bung Karno meliputi(1) pelajar berusia 16-18 tahun, berasal dari daerah Blitar dan Trenggalek, (2) mahasiswa berusia 20-23 tahun, berasal dari daerah Tulungagung, Surabaya, Yogyakarta dan Blitar, (3) pegawai, porli/TNI beusia 24-26 tahun, berasal dari daerah Tulungagung, Surabaya dan Malang, dan (4) umum berusia 22-25 tahun, berasal dari daerah Kediri dan Pare. Sistem layanan koleksi khusus Bung Karno menerapkan sistem tertutup.Bentuk pemanfaatan layanan koleksi khusus Bung Karno oleh pemustaka meliputi: (1) membaca, (2)  penelitian, mahasiswa tugas akhir sering mengambil penelitian dengan fokus subjek Bung Karno (3) diskusidan (4) mengkajihal-hal yang berkaitandengan Bung Karno. Faktor yang mempengaruhitingkat pemanfaatan koleksi khusus Bung Karno adalah koleksi pada layanan lengkap, fasilitasnya mewadahi dan pustakawannya memiliki kompetensi.

Berdasarkan hasil penelitian diatas, saran yang dapat dikemukakan untuk meningkatkan pemanfaatan layanan Koleksi Khusus Bung Karno yaitu (1) diharapkan kepada pemustaka agar dapat mengimplementasikan semangat juang dan cinta tanah air dari Bung Karno, (2) seyogyanya pustakawan dapat menguasai konten buku-buku di layanan koleksi khusus Bung Karno, sehingga mampu memberikan alternalif pilihan buku-buku lain kepada pemustaka. Dan pustakawan juga dapat memahami tata letak buku-bukunya sehingga dapat lebih cepat dalam melayani pemustaka, (3) seyogyanya koleksi di  layanan Koleksi Khusus Bumg Karno pengadaan koleksinya dilakukan secara rutin, agar pemustaka layanan Koleksi Khusus Bung Karno meningkat, (4) seyogyanya pustakawan yang berkompeten diberi hadiah dan penilaian dari instansi, agar pustakaawan dapat meningkatkan kompetensinya.