Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Konservasi dan Preservasi Bahan Pustaka di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang

Krisna Ady Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, Krisna Ady. 2017. Konservasi dan Preservasi Bahan Pustaka di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Tugas Akhir, Prodi Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : Setiawan, S.sos, M.IP.

 

Kata Kunci: konservasi, preservasi, pelestarian, bahan pustaka.

 

Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang merupakan unit perpustakaan lembaga terpadu masyarakat yang ada di kota malang. Perpustakaan memiliki berbagai macam bahan koleksi yang disediakan bagi masyarakat. Untuk menjaga kelestarian bahan pustakanya Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang melakukan tindakan pelestarian berupa kegiatan konservasi dan preservasi bahan pustaka.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data penelitian berupa deskriptif kebijakan, implementasi, dan hambatan tindakan konservasi dan preservasi bahan pustaka di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota  Malang. Sumber data penelitian dengan kepala Bidang Preservasi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan, konservator dan pengalih media Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota  Malang. Pengumpulan data  dilakukan dengan teknik wawancara dan teknik observasi langsung terkait dengan rumusan masalah.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil penelitian: pertama, Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang menggunakan tupoksi Peraturan Daerah No 40 tahun 2016 pasal 11  sebagai kebijakan sementara kegiatan konservasi dan preservasi bahan pustaka. Isi kebijakan pelestarian tersebut mencakup: (1) seksi preservasi bahan perpustakaan mempunyai tugas pengumpulan dan penyusunan bahan dalam rangka preservasi bahan pustaka. (2) untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1),

Kedua, Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang menentukan prioritas kegiatan pelestarian untuk koleksi umum yaitu dilihat dari faktor, 1) bentuk fisik koleksi yang mengalami kerusakan, (2) kelayakan koleksi apabila disajikan kepada pemustaka, dan (3) faktor usia.

Ketiga, Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang memiliki strategi untuk melestarikan dan memperbaiki koleksi intinya dengan (1) pelestarian konservasi preventif bahan pustaka (kesiapan terhadap bencana alam, pengaturan intensitas cahaya, pengaturan temperatur, pengaturan kelembaban udara, dan keamanan koleksi), (2) pelestarian bahan pustaka (penjilidan dan transformasi digital).

Keempat, hambatan yang menjadi permasalahan dalam kegiatan pelestarian di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang yaitu, (1) Dana pelaksanaan kegiatan konservasi dan preservasi, (2) sumber daya manusia, dan (3) sarana prasarana kegiatan konservasi dan preservasi bahan pustaka.