Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penyelenggaraan Layanan Anak di Perpustakaan Umum Kota Batu

Riska Amelia

Abstrak


ABSTRAK

 

Amelia, Riska. 2017. Penyelenggaraan Layanan Anak di Perpustakaan Umum KotaBatu. Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Dwi Sugianto, M.Pd.

 

Kata Kunci: Perpustakaan Umum,Perpustakaan Umum Kota Batu, Layanan Anak

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penyelenggaraan layanan anak di Perpustakaan Umum Kota Batu setelah perpindahan ke gedung baru Balaikota Among Tani dan untuk mengetahui permasalahan, motivasi pemustaka serta upaya pustakawan dalam meningkatkan pemanfaatan layanan anak di Perpustakaan Umum Kota Batu..

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Umum Kota Batu. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi dari permasalahan-permasalahan pada layanan anak, motivasi pemustaka dalam pemanfaatan layanan anak dan upaya pustakawan dalam meningkatkan pemanfaatan layanan anak di Perpustakaan Umum Kota Batu. Sumber data diperoleh dari Kepala Bidang Perpustakaan, pustakawan, Staf Pengembangan SDM, dan pemustaka layanan anak di Perpustakaan Umum Kota Batu. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap reduksi data hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah tahap reduksi, kemudian data dianalsis dengan rangkaian kegiatan penelaahan, pengelompokan, sistematisasi, penafsiran data yang telah direduksi. Setelah itu, tahap penyajian data (display data) yaitu mensistematikakan data yang telah direduksi dan di analisis, sehingga semakin mudah dipahami. Kemudian, peneliti melakukan penarikan kesimpulan dari hasil data yang telah disajikan.

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Perpustakaan Umum Kota Batu menyediakan layanan anak yang terdiri dari layanan koleksi anak dan kunjungan membaca. Permasalahan yang dihadapi dalam penyelenggaraan layanan anak meliputi, (a) keterbatasan ruang khusus untuk anak akibat perpindahan gedung baru perpustakaan, (b) minimnya sarana dan prasarana pada layanan anak, (c) kurangnya koleksi anak, dan (d) keterbatasan anggaran dana. Motivasi pemustaka dalam pemanfaatan layanan anak di Perpustakaan Umum Kota Batu meliputi, motivasi internal (keinginan pemustaka sendiri untuk datang, meminjam, bermain, dan belajar di perpustakaan) dan eksternal (ajakan orang tua, saudara, teman dan akses lokasi ke perpustakaan untuk memanfaatkan layanan perpustakaan). Upaya pustakawan dalam meningkatkan pemanfaatan layanan anak di Perpustakaan Umum Kota Batu yaitu dengan sistem jemput bola berupa kunjungan perpustakaan keliling, kunjungan membaca, KPS (Komunitas Pembaca Sekolah) dan KPM (Kelompok Pembaca Masyarakat). Upaya selanjutnya adalah memotivasi pegawai baik secara internal maupun eksternal.

Berdasarkan uraian di atas, saran yang dapat dikemukakan untuk meningkatkan pemanfaatan layanan anak di Perpustakaan Umum Kota Batu yaitu (a) mengadakan ruang khusus bagi layanan anak, (b) menambah sarana dan prasarana yang bersifat edukatif sebagai penunjang layanan anak, (c) Meningkatkan pengadaan koleksi anak sesuai dengan kebutuhan informasi anak, dan (d) meningkatkan jalinan kerjasama dengan pihak yang dapat menunjang kebutuhan layanan anak. Pihak Perpustakaan Umum Kota Batu dapat menyelenggarakan bimbingan pemakai bagi layanan anak agar lebih optimal dalam pemanfaatannya. Serta Perpustakaan Umum Kota Batu dapat menyelenggarakan kembali lomba-lomba yang pernah terlaksana sebelum perpindahan ke gedung Balai Kota Among Tani.