Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Kebijakan Pengembangan Koleksi terhadap Pengadaan Bahan Pustaka di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Ratna Vidyawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Vidyawati, Ratna. 2017. Implementasi Kebijakan Pengembangan Koleksi di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno . Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. PembimbingDwi Novita Ernaningsih, S.Sos.,M.Hum

 

Kata kunci: kebijakan pengembangan koleksi, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

 

Kebijakan pengembangan koleksi merupakan ketentuan yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan pengembangan koleksi.Kebijakan pengembangan koleksi bertujuan memberikan pedoman dalam menyelenggarakan pengembangan koleksi. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan yang diselenggarakan di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, permasalahan dalam penerapan kebijakan pengembangan koleksi di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno beserta alternatif penyelesaian masalah terhadap kebijakan pengembangan koleksi di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Informan dalam pengumpulan data di penelitian adalah pustakawan dan pemustaka UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Berdasarkan pengumpulan dan analisis data yang ada di lapangan, hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Penyelenggaraan kebijakan pengembangan koleksi di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno mulai dari seleksi bahan pustaka hingga pengadaan bahan pustaka. Terdapat kebijakan tertulis yang tidak sesuai dengan penerapannya.Pengadaan di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno melalui pembelian, hadiah atau sumbangan dan penerbitan sendiri.Permasalahan dalam penyelenggaraan kebijakan pengembangan koleksi di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno yaitu; penyelenggaraan kebijakan pengembangan koleksi yang tidak sesuai dengan kebijakan pengembangan koleksi yang sudah ditetapkan, kesulitan pengadaan koleksi khusus Bung Karno yang disebabkan oleh  langkanya koleksi tersebut, dan kurangnya jumlah koleksi umum yang disediakan oleh UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Alternatif penyelesaian masalah terhadap kebijakan pengembangan koleksi di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno berupaperubahan kebijakan pengembangan koleksi sesuai dengan pelaksanaan, berburu koleksi untuk mendapatkan koleksi khusus Bung Karno, dan menyediakan koleksi umum sesuai dengan kebutuhan pemustaka.