Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengelolaan Layanan Malang Corner di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang

Floriana Indra Jehadut

Abstrak


ABSTRAK

 

Jehadut, Floriana Indra. 2017. Pengelolaan Layanan Malang Corner di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang. Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ibu Zeni Istiqomah SIP. M.A.

 

Kata Kunci : Perpustakaan Universitas Merdeka Malang, layanan teknis, layanan pemustaka, dan layanan Malang Corner.

 

Pengelolaan perpustakaan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan layanan perpustakaan. Layanan yang ada di Malang Corner Perpustakaan Universitas Merdeka Malang mencakup dua hal yaitu layanan teknis dan layanan pemustaka. Layanan teknis koleksi khusus Malang Corner berbeda dengan koleksi biasa dan untuk layanan pemustaka yaitu layanan Malang Corner bisa diakses oleh pemustaka dan masyarakat umum. Layanan Malang Corner ini menyediakan koleksi yang berbeda dengan koleksi umum yaitu koleksi khusus tentang kebudayaan Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan layanan teknis Malang Corner di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang, mendeskripsikan pengelolaan layanan pemustaka Malang Corner di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang, dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi pustakawan dalam layanan Malang Corner di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang.

Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang. Data dalam penelitian ini tentang pengelolaan layanan Malang Corner dan sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Perpustakaan, pustakawan, dan pemustaka Perpustakaan Universitas Merdeka Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan panduan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknis analisis data dimulai sejak reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah Perpustakaan Universitas Merdeka Malang menyediakan layanan Malang Corner bagi pemustaka dan masyarakat umum. Layanan teknis yang ada di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang meliputi pemilihan bahan pustaka yang dilakukan oleh pustakawan sendiri, pengadaannya melalui pembelian, pengolahan yang meliputi inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, dan pembuatan kelengkapan buku serta pemeliharaannya dilakukan melalui penyampulan. Layanan pemustaka di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang meliputi layanan ruang baca dan layanan fotokopi. Kendala perpustakaan dalam mengelola layanan Malang Corner di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang yaitu komputer di bagian pengolahan rusak, belum adanya kebijakan pengembangan koleksi, kurangnya SDM, pengadaan dilakukan melalui pembelian, pemeliharaan koleksi khusus Malang Corner masih kurang, jumlah koleksi yang terbatas, dan  belum adanya layanan fotokopi di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang.

Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa prosedur pengelolaan layanan teknis dan layanan pemustaka Malang Corner di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang belum terlaksana secara optimal. Oleh karena itu, pihak Kepala Perpustakaan dan pustakawan lebih memperhatikan kegiatan pengelolaan teknis dan pemustaka di layanan Malang Corner. Diantaranya melakukan pengadaan komputer, menambah pustakawan, melibatkan pemustaka dan masyarakat umum dalam melakukan proses pemilihan koleksi khusus Malang Corner, meningkatkan kegiatan pemeliharaan koleksi, melakukan kerjasama dengan perpustakaan lain, menambah perabotan pada layanan ruang baca, dan menyediakan jasa layanan fotokopi di dalam perpustakaan.