Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Srategi Promosi di Perpustakaan Umum Kota Batu

Nur Afidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Afidah, Nur. 2017. Strategi Promosi di Perpustakaan Umum Kota Batu. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. PembimbingProf. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd

 

Kata kunci: promosi perpustakaan, Perpustakaan Umum Kota Batu.

 

Promosi perpustakaan merupakanusaha untuk meningkatkan pemustaka datang ke perpustakaan dengan cara membujuk, menginformasikan dan mengenalkan koleksi, layanan, dan fasilitas yang ada di perpustakaan. Promosi perpustakaan dilakukan untuk memaksimalkan pemanfaatan koleksi, layanan, dan fasilitas yang ada di perpustakaan.Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan promosi yang dilakukan di Perpustakaan Umum Kota Batu, kendala dalam promosi di Perpustakaan Umum Kota Batu beserta solusi terhadap kendala promosi di Perpustakaan Umum Kota Batu.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Informan dalam pengumpulan data di penelitian adalah pustakawan dan pemustaka Perpustakaan Umum Kota Batu.

Berdasarkan pengumpulan dan analisis data yang ada di lapangan, hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Promosi di Perpustakaan Umum Kota Batu menggunakan cara publikasi, insentif, komunikasi langsung, atmospheric, dan program khusus perpustakaan. Pelaku promosi di Perpustakaan Umum Kota Batu adalah staf bagian pengembangan, perpustakaan dan kearsipan, sasarannya adalah semua lapisan masyarakat. Bentuk promosi di Perpustakaan Umum Kota Batu adalah cetak, noncetak/elektronik dan kegiatan. Promosi dalam bentuk cetak meliputi; brosur dan poster, x-banner dan papan pengumuman. Promosi dalam bentuk noncetak/elektronik meliputi; internet, televisi dan radio. Promosi dalam bentuk kegiatan meliputi; ceramah, librarytour, pemajangan koleksi baru, perpustakaan keliling, lomba, dan bazar buku. Kendala dalam promosi di Perpustakaan Umum Kota Batu yaitu; lemahnya pengetahuan pustakawan tentang promosi, tidak memadainya gedung perpustakaan, masih terbatasnya sumber dana, dan pandangan tradisional pemustaka.  Solusi terhadap kendala promosi di Perpustakaan Umum Kota Batu yaitu; pustakawan mengikuti pelatihan pengelolaan perpustakaan, Gedung perpustakaan menempati gedung sendiri, menambah sumber dana untuk kegiatan promosi perpustakaan, dan mengubah persepsi pemustaka tentang perpustakaan.