Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Layanan Pojok Braille di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang

Umi Nida Shofiah

Abstrak


ABSTRAK

 

Shofiah, Umi Nida. 2017. Layanan Pojok Braille di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Darmono, M.Si.

 

Kata Kunci : Perpustakaan Umum, Disabilitas Netra, Layanan Perpustakaan

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan layanan pojok braille di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Populasi yang digunakan pustakawan, petugas layanan dan pemustaka layanan pojok braille. Sampel pada penelitian ini adalah pemustaka disabilitas netra. Data dalam penelitian ini adalah kegiatan pelayanan, fasilitas yang disediakan, dan kendala yang di hadapi dalam pelayanan pojok braille di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden dalam pengumpulan data ini adalah kepala bidang layanan, pustakawan dan pemustaka disabilitas netra.

Berdasarkan hasil penelitian, Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang memberikan pelayanan bagi pemustaka disabilitas khususnya disabilitas netra melalui terselenggaranya layanan pojok braille. Layanan pojok braille menyediakan koleksi buku braille dan CD pengetahuan bagi pemustaka disabilitas netra, serta berbagai fasilitas penunjang dalam mengakses informasi. Fasilitas tersebut meliputi Reglet, Tongkat Lipat, Braille Board, Komputer, Talking Book, Headphone, Scanner, dan rak koleksi. Kendala dalam penerapan layanan pojok braille, yaitu terkait dengan aksesibilitas maupun mobilitas yang disediakan perpustakaan belum memberikan kenyamanan bagi pemustaka disabilitas netra terbukti bahwa lantai belum dilengkapi guiding block, dan koleksi yang disediakan tidak banyak yakni sejumlah 364 eksemplar dan 70 keping CD.