Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Himpunan Kelas VII SMP Negeri 1 Tumpang

Dewi Arfiyanti

Abstrak


Proses belajar tidak hanya mengetahui, tapi mengingat dan memahami materi yang telah dipelajari. Siswa mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami pelajaran karena siswa hanya mencatat yang diberikan guru, tidak mengetahui apa yang siswa tuliskan. Siswa sulit menuliskan kata-kata sendiri. Mind mapping merupakan pembelajaran cara membuat catatan ide-ide sendiri dituliskan berupa gambar untuk memahami dan mengingat pelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan mind mapping yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi himpunan kelas VII SMP Negeri 1 Tumpang. Partisipan dari penelitian ini  pada kelas VII.D berjumlah 34 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ada empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Data yang dikumpulkan yaitu data observasi, hasil mind mapping dan tes akhir siklus untuk melihat peningkatan pemahaman konsep himpunan.

 

Peralatan yang digunakan untuk membuat mind mapping yaitu karton manila ukuran 60 cm x 40 cm dan spidol dengan beberapa warna. Ada 6 indikator dalam melakukan penilaian mind mapping yaitu (1) menentukan sub topik, (2) menentukan cabang sub topik, (3) kata kunci, (4) desain warna, (5) data pendukung, dan (6) materi himpunan. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa telah memahami konsep himpunan, menyajikan himpunan dengan tiga cara yaitu (1) menyatakan dengan mendaftarkan anggotanya, (2) menuliskan sifat anggota dan notasi pembentukan himpunan, dan (3) menyajikan masalah kontekstual dengan diagram Venn. Pada mind mapping siswa menuliskan contoh, notasi, lambang dan gambar diagram Venn. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah penerapan mind mapping yang dapat meningkatkan pemahaman konsep himpunan terdiri dari (1) guru menyampaikan tujuan pembelajaran materi himpunan, (2) guru menyajikan dengan memberikan lembar kerja siswa, (3) guru meminta siswa untuk membuat mind mapping, (4) guru menyuruh siswa untuk mempresentasikan mind mapping, (5) guru memberi penguatan terhadap hasil presentasi dan menyimpulkan materi himpunan.