Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN KOLEKSI PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG TAHUN 2014-2015

Ahmad Saifulloh

Abstrak


ABSTRAK

 

Saifulloh, Ahmad. 2016. Pengembangan Koleksi Pada Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun 2014-2015. Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sokhibul Ansor, S.Sos. M.Hum

 

Kata Kunci: Bahan Pustaka, Koleksi, Pengembangan Koleksi

 

Perpustakaan Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki peranan penting dalam menunjang program pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan cara menyediakan berbagai informasi dan referensi yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Selain itu, perpustakaan juga memiliki peran dalam menarik minat baca dan kebiasaan membaca mahasiswa. Untuk itu diperlukan kelengkapan koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan. Selain itu pengembangan koleksi yang ada dalam perpustakaan juga harus dilakukan guna meningkatkan kualitas layanan dari perpustakaan. Dalam observasi awal yang dilakukan, penulis menemukan bahwa perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim belum memiliki kebijakan mngidetifikasi pengembangan koleksi secara tertulis. Untuk itu, penulis menyusun Tugas Akhir ini untuk mengetahui bagaimana proses seleksi buku, proses pengadaan buku, dan proses penerimaan buku yang ada di lingkungan Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian seluruh petugas/pustakawan di perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan studi pustaka, observasi dan wawancara.

Hasil penelitian dari proses pengembangan koleksi pustaka, yaitu alur proses seleksi buku di perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang mempunyai tahapan: (a) penetapan prinsip dasar pemilihan bahan pustaka, (b) pemilihan/seleksi bahan pustaka, (c) penyesuaian bahan pustaka sesuai dengan kebutuhan dan skala prioritas yang telah ditetapkan. Alur proses pengadaan buku, yaitu (a) pembuatan daftar pemesanan, (b) pemesanan bahan pustaka kepada penerbit atau toko buku. Alur proses penerimaan buku, meliputi (a) periksa surat pengantar dan daftar pesanan, (b) periksa kondisi fisik bahan pustaka, (c) pengecekan kesusaian antara daftar pesanan dengan buku yang telah dikirim, dan (d) pemberian cap stempel dan inventarisasi.

Temuan penelitian, yaitu: (a) jumlah buku yang dibutuhkan jumlahnya banyak sedangkan jumlah buku yang tersedia di pasaran atau penerbit jumlahnya sedikit/terbatas, (b) semua kebijakan pengadaan bahan pustaka ada pada Panitia Unit Layanan Pengadaan, sehingga rekomendasi buku yang diajukan oleh program studi atau perpustakaan tidak bisa dipastikan benar-benar dilakukan pengadaan, (c) Kebijakan anggaran pengadaan bahan pustaka ada pada Direktorat. Adapun saran yang bisa diberikan penulis, yaitu: (a) Petugas bagian pengembangan koleksi adalah staf yang berkompeten dan mengetahui tentang kualitas buku, dan (b) dibuatkan kebijakan pengembangan koleksi secara tertulis sebagai pedoman dalam pengembangan koleksi perpustakaan.