Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI SAFETY RIDING TAAT LALULINTAS DAN TOURING UNTUK KOMUNITAS RODA RUA DI KOTA MALANG

Suluh Fachris Zulfiqar

Abstrak


Fachris.Suluh. 2016. Perancangan Buku Ilustrasi Safety Riding dan Touring    Untuk komunitas motor di kota Malang. Skripsi, Program Studi     Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra,   Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Moch. Abdul Rohman S.Sn M.Sn (II) Andreas Syah Pahlevi S.Sn.

Kata Kunci: Perancangan, Buku, Safety Riding, Komunitas.

Kota malang saat ini mengalami perkembangan cukup pesar dibidang     infrastruktur. Kota Malang menjadi salah satu kota sibuk di Jawa Timur dan   memiliki kepadatan penduduk yang tinggi. Kepadatan penduduk tersebut diakibatkan oleh para pendatang dan mahasiswa dari kota lain yang berkuliah di Malang.

Ditahun 2015 hingga saat ini total kecelakaan di kota malang terus bertambah hingga 579 kecelakaan yang terdaftar di POLRES kota Malang. Kecelakaan didominasi oleh kendaraan roda dua yang banyakl di kota malang. Rata-rata kecelakaan terjadi karena kesalahan pengendara seperti bermain HP saat berkendara, melamun, mengobrol saat berkendara hingga membuat focus berkendara berubah. Beberapa pengendara juga masih belum paham tentang mengoperasikan kendaraan sesuai prosedur dan melanggar aturan lalu lintas seperti melanggar lampu lalulintas dan tidak memakai helm saat berkendara.

Anggota komunitas motor juga sangat berperan penting dikalangan masyarakat karena memiliki status sosial yang lebih tinggi komunitas motor di kota Malang telah bekerja sama dengan kepolisian dan FOM (Federasi otomotif Malang) untuk menjadi contoh baik bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan berkendara yang.

Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural, yaitu model perancangan yang bersifat deskriptif dimana menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti dalam menghasilkan sebuah produk dimana menggunakan prosedur yang dikemukakan oleh Bruce Archer. Langkah-langkah prosedural yang dilakukan dalam proses perancangan ini dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.

Perancangan ini menghasilkan buku Ilustrasi Safety Riding dan Touring Untuk Komunitas di Kota Malang, berdimensi 21 x 15 cm dengan ketebalan 68 halaman dan berisi informasi-informasi penting dari semua pengetahuan tentang kemanan berkendara untuk komunitas motor di kota Malang, seperti pengetahuan perlengkapan berkendara, teknik berkendara dan latihan peningkatan keahlian.

Melalui hasil dari perancangan ini, diharapkan semua Komunitas motor di kota Malang dapat mengerti tentang keamanan berkendara dan lebih fokus berkendara. Meminimalisir kecelakaan dengan menjaga kondisi diri sendiri untuk tetap fit saat berkendara.