Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perubahan Perilaku Pencarian Informasi Pemustaka Perpustakaan Daerah Tulungagung Pasca Pendidikan Pemakai

Pinda Sanjaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Sanjaya, Pinda. 2016. Perubahan Perilaku Pencarian Informasi Pemustaka Perpustakaan Daerah Tulungagung Pasca-pendidikan Pemakai. Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd., (II) Dwi Novita Ernaningsih, S.Sos., M.Hum.

 

Kata kunci: perilaku pencarian informasi, pendidikan pemakai, perpustakaan umum

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan perilaku pencarian informasi pemustaka Perpustakaan Daerah Tulungagung sebelum pendidikan pemakai dan perilaku pencarian informasi pemustaka Perpustakaan Daerah Tulungagung pasca pendidikan pemakai. Perpustakaan Daerah Tulungagung memiliki OPAC sebagai alat penelusuran informasi namun tidak semua pemustaka menggunakannya dalam proses penelusuran informasi di perpustakaan, kebanyakan dari mereka langsung menuju ke rak koleksi. Dengan minimnya pengetahuan penggunaan OPAC menyebabkan banyak pemustaka kesulitan dalam menelusur informasi dan berita aktual yang di butuhkan. Hal ini menjadi faktor utama yang menghambat proses pemenuhan kebutuhan informasi.

Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (actionresearch). Penelitian tindakan merupakan bentuk penyelidikan yang bersifat memperbaiki suatu kondisi dengan turut serta berpartisipasi di dalamnya, dengan berkerja sama memanfaatkan berbagai informasi yang terkumpul sebagai bahan untuk merefleksi dan tindakan tersebut dilakukan berulang-ulang kemudian dalam setiap pengulangan terjadi perbaikan-perbaikan. Subjek penelitian ini adalah pemustaka yang menggunakan layanan dan fasilitas di Perpustakaan Daerah Tulungagung. Objek penelitian adalah perilaku pencarian informasi pemustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Kegiatan analisis data dimulai dari menyusun seluruh data dari observasi dan wawancara kemudian data dibagi satu persatu dan dilakukan reduksi data. Selanjutnya data disempurnakan dan digolongkan sesuai dengan kategorinya dan dilakukan interpretasi data atas hubungan yang ada dalam penelitian dengan teori maupun hasil penelitian. Kemudian tahap terakhir adalah penarikan kesimpulan dengan cara membuat tabel perbandingan sebelum dan pasca penerapan pendidikan pemakai di Perpustakaan Daerah Tulungagung.

Berdasakan hasil pengumpulan data sebelum dan pasca pendidikan pemakai kebutuhan informasi informan untuk memenuhi tugas perkuliahan.  Sebelum dan pasca pendidikan pemakai pada tahap startinginformanmenentukan topik berdasarkan tugas perkuliahan. Sebelum dan pasca pendidikan pemakai chainingdilakukan informan dengan cara menghubungkan daftar rujukan yang terdapat dalam koleksi atau artikel. Browsing sebelum pendidikan pemakai informan melakukan pencarian informasi langsung menuju rak koleksi. Pasca pendidikan pemakai browsingdilakukan informan dengan mencari koleksi yang dibutuhkan lewat OPAC, setelah mendapat nomor panggil buku informan menuju rak koleksi. Differentiating, informan sebelum dan pasca pendidikan pemakai melakukan kegiatan ini dengan membaca sekilas dari daftar isi buku, apakah topik yang dicari ada dalam buku tersebut. Monitoringyaitu tahap memantau sebelum dan pasca pendidikan pemakai dilakukan dengan cara membaca media cetak (buku, koran, jurnal) maupun internet. Extractingsebelum dan pasca pendidikan pemakaiinforman akan memilih informasi yang sesuai kebutuhan dan mulai mencatat di buku catatan informan. Verifyingpada kegiatan ini informan sebelum dan pasca pendidikan pemakai informan akan bertanya kepada seseorang yang dianggap ahli untuk memastikan keakuratan dari informasi yang sudah dicari. Ending pada tahap akhir ini informan menggunakan informasi untuk memenuhi tugas perkuliahan.