Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Atmospheric di Perpustakaan Universitas Ma Chung

Agung Gallant Setiabudi

Abstrak


ABSTRACT

 

Setiabudi, Agung Gallant. 2016. Atmospheric di Perpustakaan Universitas Ma Chung. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd (II) Setiawan, S.Sos, M. IP

Kata kunci: atmospheric, perpustakaan

Atmospheric adalah tampilan fisik yang disajikan dan dapat menampilkan secara visual keadaan yang ada di Perpustakaan Universitas Ma Chung sehingga dapat membangun suasana atau image yang dapat memberikan kenyamanan pada pengguna atau konsumen untuk menarik minat mereka.

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan atmospheric di Perpustakaan Universitas Ma Chung dan mengetahui aspek-aspek di dalam atmospheric seperti tata ruang, pencahayaan, fasilitas dan dekorasi di Perpustakaan Universitas Ma Chung

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berupa tata ruang, pencahayaan, fasilitas dan dekorasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mendapat informasi atmospheric yang bersumber dari variable atmospheric. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan data berupa hasil wawancara tentang atmospheric di Perpustakaan Universitas Ma Chung , responden dalam penelitian ini adalah pustakawan dan pemustaka di Perpustakaan Universsitas Ma Chung dan didukung dengan data tentang informasi atmospheric bersumber dari foto atau gambar yang diambil melalui teknik dokumentasi, gambar atau foto yang diambil merupakan kondisi riil di Perpustakaan Universitas Ma Chung. Pengambilan data dilakukan penulis pada saat dilakukannya Praktek Kerja Lapangan bulan Mei-Juni 2016.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek-aspek yang ada didalam Atmospheric di Perpustakaan Ma Chung meliputi tata ruang, pencahayaan, fasilitas dan dekorasi. Atmospheric yang dirasakan oleh pemustaka didalam Perpustakaan Universitas Ma Chung masih kurang maksimal. Hal ini dikarenakan tata ruang yang disajikan kurang memenuhi standar. Pencahayaan yang dipasang atau terinstalasi belum memenuhi kegunaan di ruangan tertentu khususnya ruangan yang bersinggungan dengan kegiatan belajar, membaca dan bekerja. Fasilitas yang diadakan belum memiliki perawatan yang baik sehingga ada beberapa fasilitas yang kurang memberikan kenyamanan bagi pemustaka selain itu dekorasi yang diterapkan sangat minim di dalam Perpustakaan Universitas Ma Chung.n entrepreneurs.