Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Prosedur Penilaian Aset Tetap Pada Kantor Jasa Penilai Publik Ayon Suherman Dan Rekan Perwakilan Malang

MOCHAMAD SYUHADA MUAFFAQ

Abstrak


ABSTRACT

 

Muaffaq, Robah, Syuhada, Mochamad. Analisis Prosedur Penilaian Aset Tetap Pada Kantor Jasa Penilai Publik Ayon Suherman Dan Rekan Perwakilan Malang. Tugas Akhir, Program Studi Diploma III Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak.

Kata Kunci: Analisis, Prosedur Penilaian Aset Tetap, Kantor Jasa Penilai Publik

 Ayon Suherman Dan Rekan Perwakilan Malang.

Perusahaan didirikan  umumnya bertujuan untuk memperoleh laba. Disamping itu juga bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen maupun mitra usaha. Aset Tetap merupakan suatu kekayaan yang cukup penting dalam kegiatan operasional perusahaan. Aset Tetap perlu dikelola dengan baik agar dapat membantu mencapai dan mewujudkan tujuan perusahaan yang diharapkan. Salah satu komponen terpenting dari aset adalah nilai aset itu sendiri. Penilaian Aset merupakan kegiatan yang penting dalam menaksir suatu nilai aset suatu perusahaan.

Penulisan karya tulis ini bertujuan mengetahui prosedur penilaian aset tetap pada Kantor Jasa Penilai Publik Ayon Suherman Dan Rekan Perwakilan Malang. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Data yang digunakan adalah mengenai prosedur yang digunakan pada Kantor Jasa Penilai Publik Ayon Suherman Dan Rekan Perwakilan Malang dalam melakukan proses penilaian Aset Tetap. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi.

Hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan sebagai berikut, Terdapat Standar Prosedur pada Kantor Jasa Penilai Publik Ayon Suherman Dan Rekan Perwakilan Malang yaitu, KEPI & SPI Edisi VI 2015. Prosedur Penilaian dan Kode Etik pada Kantor Jasa Penilai Publik Ayon Suherman Dan Rekan Perwakilan Malang masih harus diperbaiki, seperi penentuan estimasi atas suatu nilai aset yang dinilai dengan menggunakan pendekatan pasar, dimana data pembanding sebagai perbandingan atas aset yang dinilai dengan aset pembanding perlu mencari karakteristik aset maupun data yang hampir sama antara aset pembanding dengan aset yang dinilai, saat memiliki hubungan kontrak kerja dengan 2 klien perlu dijadwalkan maupun menuntaskan kerja dengan salah satu klien agar tidak terjadi dua pekerjaan yang mendeadline hasil kinerja di hari yang sama.