Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sumbangan Komunitas Pendekar Pustaka dalam Promosi Perpustakaan SMK Negeri 3 Malang untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa

Ahmad Ainun Rohman

Abstrak


ABSTRACT

 

Rohman, Ahmad Ainun. 2016. Sumbangan Komunitas Pendekar Pustaka dalam    Promosi Perpustakaan SMK Negeri 3 Malang untuk Meningkatkan Minat             Baca Siswa. Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan               Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.       Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyono, M.Pd, (II) Dwi Novita Ernaningsih, S.Sos., M.Hum.

Kata Kunci : Minat baca, Perpustakaan sekolah, Promosi perpustakaan

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan sumbangan komunitas Pendekar Pustaka dalam promosi Perpustakaan SMK Negeri 3 Malang dan untuk mengetahui kendala promosi perpustakaan serta upaya meningkatkan sumbangan komunitas Pendekar Pustaka dalam promosi Perpustakaan SMK Negeri 3 Malang.

Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan SMK Negeri 3 Malang. Data dalam penelitian ini adalah kegiatan promosi Perpustakaan SMK Negeri 3 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa yang terdaftar di perpustakaan sampai tahun 2015 dengan jumlah 1098 orang. Untuk menentukan besarnya sampel digunakan rumus Slovin dengan jumlah populasi 1098 maka sampel penelitian ini sebanyak 43 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan cara meyajikan data dalam bentuk diagram batang dengan perhitungan dan persentase yang diperoleh dari jawaban responden. Data yang diperoleh ditabulasi dengan menyusun ke dalam tabel kemudian dihutung. Interpretasi data dilakukan berdasarkan besar dan kecil persentase jawaban responden.

 

Hasil analisis data menunjukkan, bahwa sumbangan komunitas Pedekar Pustaka dalam promosi perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa SMK Negeri 3 Malang dapat diihat sebagai berikut: 1) majalah dinding menarik perhatian siswa untuk berkunjung ke perpustakaan 82%, 2) majalah dinding meningkatkan minat baca siswa 88%, 3) buletin menarik perhatian siswa berkunjung ke perpustakaan 69%, 4) buletin perpustakaan meningkatkan minat baca siswa 86%, 5) banner motivasi meningkatkan minat baca siswa 84%, 6) kegiatan kuis menarik perhatian siswa berkunjung ke perpustakaan 70%, 7) kegiatan kuis meningkatkan minat baca siswa 72%, 8) promosi buku baru di papan display meningkatkan minat baca siswa 86%, 9) reward pengunjung tersering menarik perhatian siswa berkunjung ke perpustakaan 93%, 10) reward peminjam koleksi terbanyak meningkatkan minat baca siswa 88%.