Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Motivasi Diri Dengan Media Wayang Untuk Siswa SMP

Puji Maulana

Abstrak


ABSTRACT

 

Pengembangan Panduan Motivasi Diri Dengan Media Wayang Untuk Siswa SMP

Maulana, Puji. 2016. Pengembangan Panduan Motivasi Diri Dengan Media Wayang Untuk Siswa SMP.Tesis. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Marthen Pali. M. Psi. (II) Dr. Dany. M. Handarini, MA.

Kata Kunci : Motivasi diri, Media wayang, Kebutuhan berkompetensi dan

Kebutuhan berkompetisi.

Masa remaja merupakan sebuah periode dalam kehidupan manusia yang batasan usia maupun peranannya sering kali tidak terlalu jelas. Konselor bisa membantu pengembangan diri siswa di sekolah. Untuk mencapai hal itu diperlukan motivasi diri yang tinggi pada diri siswa, dengan motivasi diri yang tinggi diharapkan siswa akan memiliki prestasi akademik yang tinggi juga. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memudahkan dalam proses bimbingan kelompok adalah dengan membuat buku panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang untuk siswa SMP.

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan panduan yang akseptabel, memenuhi kriteria ketepatan, kegunaan dan keterlaksanaan. Uji coba produk dilakukan oleh ahli Bimbingan dan Konseling, ahli ilmu pendidikan, ahli pendidikan bahasa dan pengguna produk (konselor).

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian pengembangan. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahapan antara lain : (1) Persiapan, meliputi: asesmen kebutuhan, penentuan tujuan; (2) Pelaksanaan, meliputi : penyusunan draf produk; (3) uji coba produk, meliputi : uji ahli dan uji calon pengguna produk (konselor).

Hasil penelitian adalah (1) Secara umum berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif uji ahli dan calon pengguna produk menunjukan bahwa panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang telah memenuhi aspek keberterimaan. (2) Berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif pengguna produk menunjukkan bahwa panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang telah memenuhi aspek keberterimaan.

 

Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan maka saran yang dapat diberikan adalah : (1) Konselor dapat menggunakan panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang ini kepada siswa melalui tindakan bimbingan dan menyesuaikan dengan kondisi kelas, (2) Peneliti selanjutnya perlu menguji cobakan produk pada subjek pengguna produk (siswa), dan (3) Peneliti selanjutnya dapat menguji keefektifan panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang ini dengan rancangan penelitian eksperimen.