Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEGIATAN PENGADAAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 3 MALANG UNTUK PENUMBUHAN BUDAYA BACA SISWA

Firdauzy Nur Annisa

Abstrak


ABSTRAK

 

Annisa, Firdauzy Nur. 2016. Kegiatan Pengadaan Bahan Pustaka di Perpustakaan SMK Negeri 3 Malang Untuk Penumbuhan Budaya Baca Siswa. Tugas Akhir, Prodi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Suyono, M.Pd. (2) Drs. Dwi Sugianto, M.Pd.

 

Kata kunci: perpustakaan sekolah, kegiatan pengadaan bahan pustaka, budaya baca siswa

 

Perpustakaan sekolah merupakan komponen yang sangat penting di lingkungan pendidikan, karena perpustakaan sekolah merupakan pusat sumber belajar. Di dalamnya terdapat berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh guru dan siswa untuk menunjang proses pembelajaran. Oleh karena itu kegiatan pengadaan bahan pustaka perlu secara rutin dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan informasi dan agar koleksi perpustakaan selalu up to date. Dengan demikian diharapkan budaya baca siswa dapat meningkat melalui kegiatan pengadaan bahan pustaka.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tiga hal yaitu: (1) prosedur kegiatan pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan SMK Negeri 3 Malang, (2) kendala yang terjadi dalam kegiatan pengadaan bahan pustaka, dan (3) upaya Perpustakaan SMK Negeri 3 Malang untuk menumbuhkan budaya baca siswa melalui kegiatan pengadaan.

Hasil dari penelitian ini berupa data hasil wawancara terhadap pustakawan, hasil dokumentasi terhadap kegiatan pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan SMK Negeri 3 Malang, dan hasil jawaban angket yang diisi oleh 50 siswa dari 5 jurusan. Hasil jawaban angket tersebut berguna untuk memperkuat hasil wawancara. Selanjutnya hasil penelitian tersebut dianalisis menggunakan tiga cara yaitu: (1) reduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menarik kesimpulan. Selain ketiga cara tersebut, peneliti menggunakan rumus persentase untuk dapat mengetahui jumlah persentase dari hasil jawaban angket yang diisi oleh siswa.

Berdasarkan hasil wawancara, pustakawan menyatakan bahwa kegiatan pengadaan bahan pustaka sangat besar pengaruhnya terhadap budaya baca siswa. Karena minat kunjung siswa cenderung lebih tinggi setelah diadakannya buku-buku baru. Sehingga minat tersebut akhirnya menjadi suatu kebiasaan membaca yang dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini diperkuat dengan hasil dari jawaban angket yang telah diisi oleh siswa.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pustakawan untuk dapat melaksanakan kegiatan pengadaan bahan pustaka secara lebih terstruktur agar target untuk menumbuhkan budaya baca siswa dapat tercapai secara optimal. Selain itu juga untuk meningkatkan kerja sama yang baik antara guru dan pustakawan.