Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Layanan Koleksi Anak dan Remaja di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar-Jawa Timur

Fiendhy Prastika

Abstrak


ABSTRAK

 

Prastika, Fiendhy. 2016. Layanan Koleksi Anak dan Remaja di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar-Jawa Timur. Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd., (II) Drs. Darmono, M.Si.

 

Kata Kunci : perpustakaan kepresidenan, layanan koleksi, respon pengguna

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup tujuan penyediaan layanan koleksi anak dan remaja, mekanisme layanan koleksi anak dan remaja, serta respon pengguna terhadap layanan koleksi anak dan remaja di perpustakaan kepresidenan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Dari segi kekhususan perpustakaan ini menjadikan Bung Karno sebagai subjek utama, namun tetap memperhatikan kebutuhan pengguna dengan cara menyediakan berbagai fasilitas bacaan di luar koleksi khusus Bung Karno.

Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Data penelitian berupa deskripsi dari tujuan, mekanisme, dan respon pengguna terhadap penyediaan layanan koleksi anak dan remaja di perpustakaan kepresidenan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Sumber datanya adalah Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Kerja Sama UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, petugas layanan koleksi anak dan remaja UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, dan pengguna layanan koleksi anak dan remaja UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan angket. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data dengan memilih data yang dibutuhkan sesuai rumusan masalah, kemudian penyajian data (data display) untuk mendapatkan data yang lebih sistematis, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, tujuan disediakannya layanan koleksi anak dan remaja adalah memenuhi informasi dalam rangka membentuk national and characters building agar anak mendapat ilmu pengetahuan tentang ide-ide dan pemikiran-pemikiran nasionalisme bangsa yang diharapkan dapat membentuk karakter jiwa nasionalisme mereka dewasa kelak. Kedua, mekanisme layanan koleksi anak dan remaja mulai dari pengguna masuk hingga memperoleh bahan pustaka berdasarkan kebutuhannya telah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak perpustakaan. Petugas dituntut untuk tanggap dalam melayani anak dan remaja yang kemungkinan besar masih minim pengetahuannya tentang literatur apa yang seharusnya mereka rujuk. Ketiga, respon pengguna terhadap layanan anak dan remaja sangatlah baik dan dapat dilihat dari banyaknya pengunjung yang datang serta memanfaatkan fasilitas yang terdapat di layanan koleksi anak dan remaja.