Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perilaku Vandalisme dan Upaya Mengatasinya: Studi Kasus di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Noval Arisandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Arisandi, Noval. 2016. Perilaku Vandalisme dan Upaya Mengatasinya: Studi Kasus di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Tugas Akhir. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Martutik, M.Pd, (II) Drs. Darmono, M.Si.

 

Kata Kunci: vandalisme, koleksi, perpustakaan

 

Perilaku vandalisme di perpustakaan memang sudah menjadi hal yang biasa, apalagi jika perpustakaan tersebut memiliki pemustaka yang beragam. Vandalisme adalah tindakan merubah, menambahkan, atau mengurangi susunan informasi bahan pustaka yang dilakukan secara sengaja. Sebagai salah satu perpustakaan nasional yang memiliki koleksi beragam, ditambah dengan jumlah anggota yang banyak pula, peluang terjadinya tindakan vandalisme di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno akan semakin besar. Berbagai macam tindakan yang dilakukan sudah dirasa sangat merugikan. Maka dari itu, perlu adanya tindak lanjut yang serius dan berkelanjutan dari UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno untuk mengatasi masalah yang terkait dengan vandalisme ini.

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk: (a) mendiskripsikan bentuk-bentuk perilaku vandalisme yang terjadi di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, dan (b) mendiskripsikan upaya yang dilakukan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno guna mengatasi permasalahan mengenai perilaku vandalisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menjabarkan temuan di lapangan. Metode ini dipilih karena dengan menggunakan metode, dapat digambarkan secara nyata kejadian dengan turun langsung ketempat penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dengan wawancara, data penelitian diperoleh melalui beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peneliti kepada narasumber. Observasi dilakukan dengan cara peneliti turun langsung ke lapangan dan melakukan pengamatan langsung. Studi dokumentasi yaitu mengumpulkan data-data dan dokumen untuk melengkapi hasil penelitian.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, bentuk-bentuk tindakan vandalisme yang dilakukan yaitu, (a) pencoretan halaman, (b) pelipatan sudut-sudut, dan (c) perobekan. Kedua, upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah vandalisme tersebut yaitu, (a) peningkatan pengawasan, (b) melaksanakan program pendidikan pemakai, (c) pemasangan alat pengaman, dan (d) pemberian himbauan.