Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERAN BADAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM PEMBINAAN PERPUSTAKAAN DESA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Zahrotul Mufidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Mufidah, Zahrotul. 2016. Peran Perpustakaan Daerah Kabupaten Tulungagung dalam Pembinaan Perpustakaan Desa di Kabupaten Tulungagung. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Martutik, M.Pd, (II) Taufiq Kurniawan, S.IP., M.IP.

 

Kata Kunci: perpustakaan daerah, pembinaan, perpustakaan desa

 

Perpustakaan desa adalah perpustakaan yang diselenggarakan oleh pemerintahan di tingkat desa/kelurahan/kecamatan. Pemerintahan desa memerlukan dukungan dari perpustakaan daerah untuk membentuk dan menyelenggarakan perpustakaan desa. Perpustakaan daerah memiliki wewenang dan kewajiban untuk membina dan mengembangkan perpustakaan dan menjamin penyelenggaraan perpustakaan di setiap daerah. Oleh karena itu, perpustakaan daerah memiliki peran penting dalam penyelenggaraan perpustakaan desa. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan pembahasan mengenai peran perpustakaan daerah dalam membina perpustakaan desa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (a) strategi pembinaan, (b) upaya pembinaan, dan (c) kendala pelaksanaan pembinaan perpustakaan desa di Kabupaten Tulungagung.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Untuk mempertanggungjawabkan keabsahan data, dilakukan validasi data melalui triangulasi dan member check. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan, pengeditan, pengodean, pendeskripsian, dan penyimpulan.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, strategi Perpustakaan Daerah Kabupaten Tulungagung dalam pembinaan perpustakaan desa, yaitu (1) melaksanakan pembinaan secara menyeluruh, (2) melaksanakan pembinaan berdasarkan aspek-aspek pembinaan, (3) meningkatkan keterampilan dan kemampuan tenaga perpustakaan desa, (4) mengembangkan koleksi perpustakaan desa, (5) meningkatkan peran perpustakaan desa sebagai pusat sumber belajar, (6) meningkatkan budaya gemar membaca di semua kalangan masyarakat, dan (7) memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi. Kedua, upaya yang dilakukan oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Tulungagung dalam membina perpustakaan desa diwujudkan dalam bentuk classroom, asistensi, sosialisasi, monitoring dan evaluasi. Ketiga, kendala-kendala yang dihadapi oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Tulungagung dalam melaksanakan pembinaan perpustakaan desa, yaitu (1) kurangnya dukungan pemerintah desa, (2) keterbatasan jumlah dan kemampuan tenaga perpustakaan, (3) keterbatasan anggaran, (4) rendahnya pandangan masyarakat terhadap perpustakaan desa, dan (5) rendahnya minat kunjung dan minat baca masyarakat. Namun, kendala-kendala tersebut tidak dijadikan halangan bagi perpustakaan daerah untuk melaksanakan pembinaan. Pembinaan tetap dilaksanakan sesuai dengan program yang telah direncanakan.