Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMANFAATAN APLIKASI SLiMS (SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM) VERSI 8.1 (AKASIA) DALAM PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 3 MALANG

Hanafi Almas

Abstrak


ABSTRAK

 

Almas, Hanafi. 2016. Pemanfaatan Aplikasi SLiMS (Senayan Library Management System) Versi 8.1 (Akasia) dalam Pelayanan Sirkulasi di SMK Negeri 3 Malang. Tugas Akhir, Program Studi D3 Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roekhan, M.Pd, (II) Taufiq Kurniawan,S.IP., M.IP.

 

Kata Kunci : pemanfaatan aplikasi, aplikasi SLiMS versi 8.1 Akasia, layanan sirkulasi, SMK Negeri 3 Malang.

 

Peran perpustakaan sekolah sangat penting dalam mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Seiring berkembangnya teknologi dan informasi, perpustakaan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Salah satu layanan yang terdapat di perpustakaan adalah layanan sirkulasi. Layanan sirkulasi diterapkan di perpustakaan SMK Negeri 3 Malang dengan memanfaatkan aplikasi SLiMS versi 8.1 (Akasia). Tujuan pemanfaatan program aplikasi tersebut yakni, mengganti pelayanan sirkulasi yang semua dengan cara manual manjadi terautomasi. Pemanfaatan aplikasi tersebut dalam pelayanan sirkulasi meliputi, peminjaman, pengembalian, serta perpanjangan. Tidak sepenuhnya pemanfaatan aplikasi automasi di perpustakaan dapat memudahkan segala kegiatan di perpustakaan. Masih ada hambatan maupun kendala dalam pemanfaatan aplikasi tersebut di perpustakaan SMK Negeri 3 Malang. Menyadari hal tersebut, dirasa perlu untuk melakukan suatu penelitian tentang pemanfaatan aplikasi automasi tersebut pada layanan sirkulasi di perpustakaan SMK Negeri 3 Malang.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan hambatan dalam pemanfaatan program tersebut pada pelayanan sirkulasi, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pemanfaatan aplikasi tersebut dalam pelayanan sirkulasi di perpustakaan SMK Negeri 3 Malang.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan data yang dipaparkan pada hasil penelitian ini berupa deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi yang dilakukan selama  kegiatan Praktik Kerja Lapangan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni pedoman wawancara yang berupa daftar pertanyaan terkait dengan rumusan masalah dan pedoman observasi yang berisikan kondisi sebenarnya di lapangan dan dilengkapi keterangan sesuai dengan obyek yang diamati. Kegiatan analisis data yakni, merangkum hal-hal pokok yang berkaitan dengan penelitian, penyajian data dengan menampilkan deskripsi, penarikan kesimpulan sesuai dengan keadaan dilapangan.