Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMANFAATAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMAN 8 MALANG

Deniansah Wisnu Kawirian

Abstrak


ABSTRAK

 

Kawirian, Deniansah Wisnu. 2015. Pemanfaatan Bahan Pustaka di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang. Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd, (2) Drs. Moh. Asrukin, M.Si.

 

Kata Kunci: Perpustakaan sekolah, bahan pustaka.

 

Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang berada dalam instansi sekolah dan merupakan penyedia, pengolah bahan pustaka, serta terwujudnya pendidikan sekolah. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut. Mendeskripsikan (a) ketersediaan bahan pustaka di perpustakaan SMA Negeri 8 Malang, (b) bentuk pemanfaatan bahan pustaka oleh guru di perpustakaan SMA Negeri 8 Malang, dan  (c) bentuk pemanfaatan bahan pustaka oleh siswa di perpustakaan SMA Negeri 8 Malang.

Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam tugas akhir ini meliputi (1) ketersediaan bahan pustaka, (2) bentuk pemanfaatan bahan pustaka oleh guru, dan (3) bentuk pemanfaatan bahan pustaka oleh siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian tugas akhir ini (1) ketersediaan bahan pustaka di perpustakaan SMA Negeri 8 Malang meliputi bentuk bahan pustaka, jenis bahan pustaka, (2) bentuk pemanfaatan bahan pustaka oleh guru di perpustakaan SMA Negeri 8 Malang meliputi pembelajaran, peminjaman, dan (3) bentuk pemanfaatan bahan pustaka oleh siswa di perpustakaan SMA Negeri 8 Malang meliputi pembelajaran, peminjaman, hiburan.

Berdasarkan hasil pendeskripsian pemanfaatan bahan pustaka di perpustakaan SMA Negeri 8 Malang, diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut: Pertama, ketersediaan bahan pustaka di perpustakaan SMA Negeri 8 Malang meliputi bahan pustaka tercetak dan bahan pustaka non cetak, sedangkan jenis bahan pustaka yang tersedia di Perpustakaan SMAN 8 Malang berupa bahan pustaka tercetak, karena tingkat keterpakaian bahan pustaka non cetak sangat rendah dan jarang digunakan. Bahan pustaka yang sering dipinjam adalah buku pelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sehari-hari.

Kedua, bentuk pemanfaatan bahan pustaka oleh guru di perpustakaan SMA Negeri 8 Malang meliputi peminjaman buku pelajaran dan jurnal ilmiah untuk menunjang proses pembelajaran yang ada di sekolah tersebut. Selain itu guru juga sering meminjam koleksi terbitan berseri misal koran dan majalah untuk dibaca ketika sedang tidak mengajar.

Ketiga, bentuk pemanfaatan bahan pustaka oleh siswa di perpustakaan SMA Negeri 8 Malang adalah membaca bahan pustaka diperpustakaan seperti membaca novel, majalah, dan koran. Buku pelajaran sering dipinjam oleh siswa karena untuk proses pembelajaran selama satu semester.