Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penulisan Deskripsi Bibliogarafi Koleksi pada OPAC di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Iva Yuana Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Iva Yuana. 2015. Penulisan Deskripsi Bibliografi Koleksi pada OPAC di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd, (II) Drs. Dwi Sugianto, M.Pd.

 

Kata Kunci: deskripsi bibliografi, OPAC

 

Deskripsi bibliografi merupakan suatu susunan data bibliografi yang mencakup informasi-informasi penting dari bahan pustaka yang dicatat pada katalog yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kecepatan kepada pemustaka dalam menemukan koleksi.

Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mendeskripsikan: (a) proses entri data pada OPAC (Online Public Access Catalogue) di Pepustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, (b) penulisan deskripsi bibliografi koleksi pada OPAC (Online Public Access Catalogue) di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, dan (c) kendala-kendala dalam penulisan deskripsi bibliografi koleksi pada OPAC (Online Public Access Catalogue) di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Data dalam penelitian ini adalah penulisan deskripsi bibliografi yang diperoleh dari OPAC (Online Public Access Catalogue) dan pustakawan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah dalam melakukan analisis data, yaitu: (1) peneliti mengumpulkan data-data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi untuk selanjutnya diseleksi dan dikualifikasikan yang berkenaan dengan proses entri data, penulisan deskripsi bibliografi pada OPAC dan kendala-kendala dalam penulisan deskripsi bibliografi, (2) peneliti menyajikan data dalam bentuk naratif, dan (3) menarik kesimpulan dari data yang telah dianalisis.

Berdasarkan hasil pendeskripsian penulisan deskripsi bibliografi koleksi pada OPAC di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang diperoleh tiga simpulan, yaitu: pertama, proses entri data pada OPAC adalah sebagai berikut: (1) login petugas, (2) klik menu buku, pilih tambah baru, (3) mengisi field-field yang tersedia yang meliputi ID buku, ISBN, klasifikasi, judul buku dan anak judul (jika ada), pengarang, subjek, luasan pustaka, bahasa, tahun terbit, edisi, nama penerbit, kota terbit, status penyimpanan (tersedia atau tidak), lokasi penyimpanan, jumlah eksemplar, item koleksi, dan gambar/cover buku, kemudian  (4) klik simpan. Kedua, penulisan deskripsi bibliografi koleksi pada OPAC (Online Public Access Catalogue) terdapat beberapa kekeliruan, tidak konsisten, dan kurang lengkapnya informasi yang di entri. Ketiga, dalam penulisan deskripsi bibliografi koleksi pada OPAC (Online Public Access Catalogue) mengalami beberapa kendala, antara lain: (1) pustakawan (SDM), yaitu kurang teliti dan kurang lengkapnya informasi yang di entri pada aplikasi, (2) sistem, yaitu sering terjadi error atau gangguan dari jaringan internet dan dari aplikasinya sendiri, sehingga jika terjadi error pihak perpustakaan mendatangkan programmer, dan (3) sarana dan prasarana, yaitu tidak adanya pedoman atau sumber referensi yang dijadikan pedoman kerja dalam penulisan deskripsi bibliografi, sehingga penulisan menjadi tidak konsisten. Serta tidak tersedianya komputer untuk penelusuran melalui OPAC atau alat penelusuran lainnya seperti katalog konvensional.