Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (SLiMS) VERSI 5 DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI MALANG

Afyudin Tsaqif Firmansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Firmansyah, Afyudin Tsaqif. 2015. Penerapan Senayan Library Management System (SLiMS) Versi 5 di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang. Tugas Akhir, Diploma III Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurchasanah, M.Pd, (II) Drs. Darmono, M.Si.

 

Kata Kunci: otomasi perpustakaan, perpustakaan perguruan tinggi, SLiMS

 

Program otomasi yang diterapkan di perpustakaan Politeknik Negeri Malang adalah Senayan Library Management System (SLiMS) versi 5. Meskipun SLiMS telah diterapkan di perpustakaan Politeknik Negeri Malang sejak 2013, berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama penulis melakukan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL), ada beberapa fitur SLiMS versi 5 yang tidak digunakan. Hal ini yang menjadi ketertarikan penulis bahwa hanya beberapa fitur saja yang diterapkan di perpustakaan Poiteknik Negeri Malang.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan beberapa hal, yaitu yang mencangkup penerapan sistem, kendala yang dialami, dan faktor penunjang dalam penerapan SLiMS versi 5 di perpustakaan Politeknik Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, artinya penelitian ini menghasilkan data berupa kata-kata dan dipaparkan secara deskriptif. Data yang diperoleh berupa paparan penerapan SLiMS versi 5, kendala, dan faktor penunjang di perpustakaan Politeknik Negeri Malang. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan pedoman observasi, wawancara, pedoman dokumentasi, dan pedoman analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data terdiri atas tahap reduksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakuakan, terdapat tiga simpulan hasil penelitian, yaitu pertama,unsur penerapan sistem otomasi perpustakaan di perpustakaan Politeknik Negeri Malang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi daripada kebetuhan minimum. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang tetap bias menjalankan kegiatan perpustakaan meskipun fitur SLiMS belum mendukung. Selain itu, meskipun beberapa kegiatan tidak menggunakan system otomasi perpustakaan, namun system tetap bias berjalan.

Kedua, terdapat beberapa kendala dalam penerapan SLiMS versi 5 di perpustakaan Politeknik Negeri Malang, yaitu terdiri atas (a) Tidak semua data bisa dikonfersikan dari sistem otomasi perpustakaan lama ke baru; (b) Sistem informasi perpustakaan tidak dapat di-online-kan secara langsung; dan (c) Kesulitan pengembangan fitur SLiMS. Namun demikian, kendala tersebut dapat teratasi dan system otomasi dapat berjalan hingga saat ini.

Ketiga, factor penunjang dalam penerapan system otomasi perpustakaan di perpustakaan Politeknik Negeri Malang terdiriatas (a) dukungan pimpinan, (b) tersedianya perangkat pendukung, (c) dukungan administrator dan pegawai, (d) dukungan dana, dan (e) dukungan data.