Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMANFAATAN DAN KENDALA E-RESOURCES DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

Arfan Trisna Rizkydian

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizkydian, Arfan Trisna. 2015. Pemanfaatan dan Kendala E-Resources di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang. Tugas Akhir. Pembimbing: (1) Dr. Titik Harsiati, M. Pd  (II) Dra. Suharti, S.IP.

 

Kata Kunci: e-resources, Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang

 

E-resources (elektronik resources)  atau yang biasa disebut sumber elektronik merupakan suatu bahan koleksi perpustakaan yang dalam pemanfaatannya memerlukan bantuan perangkat komputer. Salah satu keunggulan dalam layanan ini adalah e-resources dapat diakses tanpa terbatas ruang dan waktu, sehingga pemustaka dapat mengakses layanan e-resources tanpa harus datang ke perpustakaan.

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini untuk: (a) mendeskripsikan pemanfaatan e-resources di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang; dan (b) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan e-resources di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Peneliti menguraikan keadaan yang sebenarnya tentang jenis koleksi, pemanfaatan, dan kendala e-resources di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan peneliti dengan melakukan pengamatan langsung. Wawancara dilakukan peneliti dengan tanya jawab kepada pustakawan dan pemustaka. Dokumentasi yang dilakukan peneliti berupa hasil dari print screen koleksi e-resources.

Hasil penelitian berupa dua kesimpulan. Pertama, pemanfaatan koleksi e-resources Perpustakaan Brawijaya Malang dilakukan oleh mahasiswa S1, S2, dan S3. Mahasiswa S2 dan S3 memanfaatkan bahan rujukan dari e-journal dan e-book untuk menulis artikel, tesis, dan disertasi. Pemanfaatan oleh mahasiswa S1 banyak digunakan dalam penyelesaian tugas kuliah dan penyusunan artikel. Dalam layanan e-resources terdapat dua jenis koleksi, yaitu e-journal dan e-book. Waktu pemanfaatan e-resources tidak terbatas. Layanan e-resources tersebut tidak hanya dapat diakses melalui perpustakaan tetapi koleksi tersebut dapat diakses dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas ruang dan waktu. Untuk dapat mengakses koleksi e-resources diluar perpustakaan pemustaka dapat meminta alamat website beserta username dan password kepada pustakawan. Demi menjaga keamanan koleksi tersebut setiap bulannya perpustakaan mengganti username dan password. Kedua, dalam pemanfaatan koleksi e-resources di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang terdapat berbagai kendala yang dihadapi, yaitu; (1) padamnya aliran listrik; (2) koneksi internet melambat; (3) pergantian shift pustakawan petugas; (4) kurangnya pemahaman pemustaka; (5) kurangnya pemahaman bahasa asing; dan (6) terdapat sebagian e-resources yang tidak bisa didownload.