Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengolahan Bahan Pustaka Perpustakaan MTs. Muhammadiyah 1 Malang

Hikma Choirunnisa

Abstrak


ABSTRAK

 

Choirunnisa, Hikma. 2015. Pengolahan Bahan Pustaka Perpustakaan MTs. Muhammadiyah 1 Malang. Tugas Akhir. Pembimbing: (1) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd.  (II) Drs. M. Asrukin, M.Si.

 

Kata Kunci: pengolahan bahan pustaka, inventarisasi, katalogisasi, klasifikasi, perpustakaan MTs. Muhammadiyah 1 Malang

 

Pengolahan bahan pustaka di perpustakaan merupakan salah satu kegiatan pokok guna mengatur koleksi yang ada agar siap pakai dan berdaya guna secara optimal. Ruang lingkup kegiatan ini sangat luas, karena meliputi berbagai jenis Bahan Pustaka dan berbagai aspek pengolahan. Dengan demikian, pengolahan bahan pustaka merupakan bagian utama dalam proses pengemasan dan penyajian informasi. Kegiatan ini bertujuan agar para pengguna perpustakaan dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan mudah. Prinsip utama dalam pengolahan adalah mempersiapkan bahan pustaka supaya dapat digunakan secaraefektif dan efisien oleh pemustaka (pengguna perpustakaan) dan petugas perpustakaan.

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini untuk: (a) mendeskripsikan prosedur pengolahan bahan pustaka di perpustakaan MTs. Muhammadiyah 1 Malang, (b) mendeskripsikan permasalahan dalam pengolahan bahan pustaka di perpustakaan MTs. Muhammadiyah 1 Malang, dan (c) mendeskripsikan alternatif pemecahan masalah yang terdapat di perpustakaan MTs. Muhammadiyah 1 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan dan menjabarkan temuan di lapangan. Metode ini dipilih karena dengan menggunakan metode deskriptif, kita dapat menggambarkan secara nyata kejadian dengan terjun langsung ketempat penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melaui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Wawancara data penelitian diperoleh melalui beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peneliti kepada narasumber. Observasi dilakukan dengan cara peneliti turun langsung ke lapangan dengan melakukan pengamatan langsung. Studi dokumentasi yaitu mengumpulkan data-data dan dokumen untuk melengkapi hasil penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tiga kesimpulan ialah: (1) proses pengolahan bahan pustaka di perpustakaan  MTs. Muhammadiyah 1 Malang belum sesuai dengan teori yang ada dalam ilmu perpustakaan. Baik mulai dari proses inventarisasi, katalogisasi dan klasifikasinya. Proses pembuatan katalog tidak sesuai berdasarkan format pembuatan pada umumnya. Katalog kartu yang dibuat oleh petugas perpustakaan MTs. Muhammadiyah 1 rata-rata hanya berisikan kode buku, judul buku, dan nama pengarang. Selain itu, ukuran kartu yang digunakan sebagai katalog tidak sesuai standar yang seharusnya berukuran 7,5 x 12,5 cm hanya berukuran 7 x 5 cm. Sedangkan dalam proses klasifikasi, petugas perpustakaan juga tidak selektif dalam melakukan analisis subyek sebagaimana mestinya. Petugas menentukan subyek dasar saja tanpa menganalisis subyek-subyek lain yang terdapat di dalamnya, (2) kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang mengelola perpustakaan dan pengolahan bahan pustaka sesuai dengan teori ilmu perpustakaan. Petugas perpustakaan yang ada di Perpustakaan MTs. Muhammadiyah 1 Malang hanya berjumlah dua orang yang berasal dari tenaga guru yang memiliki jam mengajar kurang. Selain itu, mereka yang tidak berlatar belakang ilmu perpustakaan membuat proses pengolahan bahan pustaka mengalami banyak kendala dan permasalahan, dan (3) meskipun kegiatan pengolahan bahan pustaka di perpustakaan MTs. Muhammadiyah 1 Malang mengalami banyak kendala namun sekarang sudah mulai mengalami perubahan sedikit demi sedikit sesuai dengan ilmu perpustakaan meski belum secara keseluruhan. Selain itu, dengan menambah jumlah petugas perpustakaan dengan latar belakang ilmu yang sesuai, perpustakaan dapat memiliki tenaga baru sebagai pustakawan yang akan mengelola keseluruhan layanan perpustakaan dan makin mempermudah proses pengolahan agar dapat berjalan dengan lebih baik.