Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Preservasi Bahan Pustaka di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang

HANDIAWAN ANGLING PRAYUDA

Abstrak


ABSTRAK

 

Prayuda, Handiawan Angling.  Preservasi Bahan Pustaka di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang. Tugas Akhir. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Titik Harsiati, M.Pd, (II) Dra. Suharti, S.IP.

 

Kata Kunci: Perpustakaan perguruan tinggi, preservasi, bahan pustaka.

 

Perpustakaan perguruan tingi merupakan unit kerja yang bergabung bersama suatu perguruan tinggi dengan tujuan membantu pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar dengan menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa atau civitas akademika di perguruan tinggi tersebut demi tercapainya tujuan suatu perguruan tingi. Preservasi bahan pustaka diharapkan dapat mampu memaksimalkan umur dari bahan pustaka sehingga masa keterpakaian bahan pustaka dapat bertahan lama. Preservasi bahan pustaka meliputi, kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan.

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini (a) untuk mengetahui apakah upaya yang dilakukan Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dalam kegiatan preservasi bahan pustaka, (b) untuk mengetahui apakah kendala preservasi yang dihadapi Perpustakaan Politeknik Negeri Malang, dan (c) untuk mengetahui apakah solusi yang diambil Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dalam melakukan preservasi bahan pustaka. Metode yang digunakan peneliti dalam penulisan tugas akhir dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu mendeskripsikan data sesuai dengan kondisi di lapangan. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, dan teknik observasi sebagai penguat data yang diperoleh dari sumber data yaitu pustakawan dan wakil kepala perpustakaan. Instrumen yang digunakan peneliti untuk pengambil data di lapangan adalah pedoman wawancara, dan pedoman observasi.

Hasil penelitian dalam tugas akhir ini, mencakup tiga simpulan. Pertama, upaya yang dilakukan Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dalam kegiatan preservasi bahan pustaka berupa kegiatan persiapan mencakup: (a) menyiapkan form, (b) mendata koleksi yang rusak, (c) pengelompokan berdasarkan koleksi, (d) mengentri data, (e) merinci anggaran yang dibutuhkan, dan (f) mengajukan permohonan kegiatan preservasi kepada kepala perpustakaan. Kegiatan pelaksanaan meliputi: (a) kegiatan preservasi bahan pustaka akibat faktor fisik, (b) kegiatan preservasi bahan pustaka akibat faktor manusia, (c) kegiatan preservasi bahan pustaka akibat faktor biologi, (d) kegiatan preservasi bahan pustaka akibat faktor kimia, dan (e) kegiatan preservasi bahan pustaka akibat faktor bencana alam. Tindak lanjut perbaikan bahan pustaka yang dilakukan yaitu penjilidan dan penggandaan bahan pustaka. Kegiatan evaluasi mencakup: (a) pengecekan data, (b) pelabelan dan pemberian sampul, dan (c) pengontrolan bahan pustaka secara berkala.

Kedua, kendala yang dihadapi Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dalam melakukan kegiatan preservasi bahan pustaka, yaitu: (a) anggaran, (b) sumber daya manusia, dan (c) keamanan.

Ketiga, solusi yang diambil oleh Perpustakaan Politeknik Negeri Malang, yaitu: (a) memaksimalkan anggaran yang ada, (b) pergantian staf di setiap periode, dan (c) menyiagakan pustakawan di setiap ruang.