Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pemanfaatan koleksi skripsi di perpustakaan kanjuruhan malang

Regina Pambudiwati

Abstrak


ABSTRAK

 

Pambudiwati, Regina. 2014. Pemanfaatan Koleksi Skripsi Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang. Tugas Akhir, Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurchasanah, M.Pd . (II) Dra. Suharti.

 

Kata Kunci : pemanfaatan, koleksi skripsi

 

Koleksi skripsi adalah kumpulan hasil karya ilmiah mahasiswa berupa skripsi. Koleksi ini termasuk dalam koleksi reference. Koleksi reference merupakan koleksi yang dibedakan dari koleksi lainnya. Pemanfaatannyapun juga berbeda dengan koleksi lainnya. Koleksi reference atau koleksi skripsi tidak boleh dibawa pulang. Koleksi ini hanya boleh dimanfaatkan di perpustakaan. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan koleksi skripsi di perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode observasi dan dokumentasi. Kegiatan ini dilakukan di Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang. Data yang digunakan dalam kegiatan ini berupa hasil angket mengenai pemanfaatan koleksi skripsi di Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang. Populasi kegiatan ini adalah mahasiswa yang memanfaatkan koleksi skripsi. Pengumpulan data menggunakan teknik sampling incidental, angket disebar secara acak kepada semua mahasiswa yang berkunjung ke perpustakaan.

Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil (1) Mahasiswa yang dominan memanfaatakan koleksi skripsi adalah mahasiswa semester 8. Hal tersebut disebabkan mahasiswa semester 8 memiliki kepentingan untuk menyusun skripsi. Oleh karena itu, mahasiswa semester 8 sering datang ke perpustakaan untuk pemanfaatkan koleksi skripsi yang ada di perpustakaan dan menjadikan koleksi skripsi sebagai bahan dalam penyusunan skripsi; (2) cara yang digunakan mahasiswa dalam pemanfaatan koleksi skripsi di Perpustakaan dengan cara membaca koleksi skripsi di tempat, mencatat informasi yang dibutuhkan, dan memfotokopi koleksi skripsi; (3) manfaat koleksi skripsi yang tersedia di perpustakaan dimanfaatkan mahasiswa sebagai bacaan, sebagai reference, sebagai panduan penyusunan skripsi, dan sebagi bahan untuk tugas; (4) persepsi mahasiswa terhadap koleksi skripsi di Perpustakaan sudah sebagian memenuhi kesesuaian informasi dengan kebutuhan, artinya koleksi yang ada sudah mutakhir.

Perpustakaan diharapkan mempertahankan koleksi skripsi yang mutakir, memenuhi kesesuaian informasi dengan kebutuhan pengguna, dan perlu adanya promosi perpustakaan dari pustakawan untuk mendorong mahasiswa memanfaatkan koleksi skripsi di perpustakaan dalam menunjang proses pembelajaran.