Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaataan Koleksi Di Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Oleh Mahasiswa Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Suci Restu Wijayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijayanti, Suci Restu. 2015. Pemanfaatan Koleksi Di Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Oleh Mahasiswa Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. tugas akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

 

Kata kunci: jenis koleksi, ketersediaan koleksi, pemanfaatan koleksi, mahasiswa Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

 

Perpustakaan sebagai salah satu pilar pendukung kesuksesan belajar yang merupakan tempat untuk mengumpulkan, menata, mengolah, menyimpan, melestarikan dan menyediakan bahan pustaka dalam berbagai bentuk. Kebutuhan pemakai perpustakaan akan informasi berbeda-beda sesuai dengan latar belakang pencarian informasi. Dengan adanya perbedaan tersebut menyediakan koleksi yang valid dan signifikan serta seimbang merupakan kewajiban bagi suatu perpustakaan. Semakin banyak dan lengkap koleksi yang dimiliki di perpustakaan perguruan tinggi maka semakin besar tingkat pemanfaatan bahan pustaka.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis koleksi yang dibutuhkan oleh mahasiwa Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, (2) mendeskripsikan ketersediaan koleksi, dan (3) mendeskripsikan pemanfaatan koleksi di Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang oleh mahasiwa Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan pengolahan data dimulai dari pemeriksaan data yaitu memeriksa kembali jawaban responden pada setiap item pertanyaan. Memberi kode pada masing-masing jawaban dengan kode-kode tertentu menurut kategori. Penyusunan data dan penghitungan data hasil pengkodean yang terhitung dari angket, dan menafsirkan hasil data dari wawancara, observasi, dokumentasi.

Hasil penelitian ini (1) jenis koleksi yang dibutuhkan mahasiswa Ilmu Tarbiyah dan Keguruan adalah koleksi referensi berjumlah 34 orang (76%), (2) ketersediaan koleksi di Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagian memenuhi kebutuhan pemustaka berjumlah 25 orang (56%), (3) koleksi yang dibaca oleh mahasiswa adalah buku teks berjumlah 20 orang (45%); koleksi yang dipinjam adalah koleksi buku teks tentang agama Islam berjumlah 40 orang (90%); koleksi yang difotokopi adalah koleksi buku teks berjumlah 20 orang (45%), dan 41 orang (91%) tidak pernah meminjam koleksi terekam.

Saran penelitianini (1) bagi pengelola Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, ketersediaan koleksi di perpustakaan hanya sebagian memenuhi kebutuhan pemustaka, sehingga perlu pengadaan koleksi yang belum tersedia di perpustakaan dan menambah jumlah eksemplar buku khususnya koleksi Arabian Corner dan jurnal, (2) bagi pemustaka Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sebaiknya memaksimalkan sumber-sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan dengan cara membaca dan meminjam, dan (3) bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini hanya focus pada koleksi buku umum dan Arabian Corner, padahal sebagian besar mahasiswa Ilmu Tarbiyah dan Keguruan lebih sering menggunakan koleksi referensi sehingga untuk penelitian selanjutnya bias digali lebih mendalam keterpakaian bahan pustaka referensi.