Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penyelenggaraan Perpustakaan Politeknik Negeri Malang berdasarkan Webometrics

Desy Putri Andika

Abstrak


ABSTRAK

 

Andika, Desy Putri. 2015. Penyelenggaraan Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dalam berdasarkan Webometrics. Tugas Akhir, Prodi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Martutik, M. Pd, (II) Ali Mas’ud, S. Sos

 

Kata kunci: perpustakaan perguruan tinggi, webometrics

 

Tujuan perpustakaan perguruan tinggi sesungguhnya tercermin dari kegiatan i Dharma Perguruan Tinggi. Untuk mendukung tujuan tersebut perguruan tinggi rus mampu menyediakan sarana yang memadai. Salah satu sarana yang dapat memadai adalah dengan kehadiran perpustakaan sebagai penyedia ilmu ngetahuan. Keberadaan perpustakaan berperan penting dalam menyediakan informasi yang berkualitas serta mudah diakses oleh penggunanya. Kemudahan hanya dapat didukung oleh teknologi informasi yang memadai. Perkembangan teknologi informasi sekarang telah memberikan perubahan yang signifikan dalam gala kegiatan yang ada di perpustakaan, baik dalam  hal pengolahan, ngumpulan, dan penyebarluasan informasi. Saat ini informasi yang ada di rpustakaan telah bertranformasi dari bentuk kertas menjadi bentuk digital. Pada level universitas, penilaian sebuah perguruan tinggi banyak dilihat dari berbagai rspektif, salah satunya yaitu penilaian yang diberikan oleh webometric. bometric memberikan penilaian dengan menentukan peringkat atau ranking da perguruan tinggi di seluruh dunia melalui webometrics university.

Tujuan penulisan tugas akhir ini untuk mendeskripsikan: (a) kegiatan yang dilakukan oleh Perpustakaan Politeknik Negeri Malang berdasarkan webometrics dan (b) menganalisis tentang kendala-kendala yang dihadapi Perpustakaan Politeknik Negeri Malang berdasarkan webometrics. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data wawancara dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan kepada sumber data. studi dokumentasi yaitu mengumpulkan data-data dari dokemtasi untuk melengkapi hasil penelitian. Kegiatan analisis data digunakan untuk mengelolah data yang telah didapatkan dan melakukan pengecekan data.

 

Berdasarkan dari hasil penelitian disimpulkan ialah: (1) kegiatan yang dapat dilakukan oleh Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dalam meningkatkan peringkat perguran tinggi, (a) mengumpulkan karya ilmiah (b) menyimpan karya ilmiah, (c) meng-upload karya ilmiah.Kegiatan tersebut digunakan sebuah acuan yang digunakan oleh universitas maupu perpustakaan sebagai tolak ukur dalam meningkatkan peringkat perguruan tinggi. (2) Dalam mencapai suatu peringkat dibutuhkan usaha yang tidak sedikit butuh kerja sama serta kerja keras yang harus dilakukan oleh perpustakaan. Dalam hal ini kendala yang dihadapi oleh perpustakaan adalah dilihat dari SDM, content yang dimiliki oleh perpustakaan. Selain itu peringkat Politeknik Negeri Malang yang terus mengalami penurunan merupan sebuah evaluasi yang harus dilakukan oleh perpustakaan.