Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Oleh Peserta Didik Di SMP Negeri 5 Malang

Ninik Fa'idatush Khamidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Khamidah, Ninik Fa’idatush. 2015. Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan oleh Peserta Didik di SMP Negeri 5 Malang. Tugas akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Martutik, M.Pd (II) Andi Ashari, S.IP. S.Kom. M.A.

 

Kata kunci: pemanfaatan, koleksi perpustakaan

 

Perpustakaan SMP Negeri 5 Malang pernah menjuarai lomba perpustakaan tingkat nasional pada tahun 2006. Penyediaan koleksi yang tepat sasaran dan mengikuti suatu perkembangan akan bisa sesuai dengan tujuan perpustakaan. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, perpustakaan SMP Negeri 5 Malang memiliki visi untuk, mewujudkan perpustakaan. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik saat berkunjung ke perpustakaan di SMP Negeri 5 Malang. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis koleksi yang dimanfaatkan oleh peserta didik di perpustakaan, cara pemanfaatan koleksi di perpustakaan, dan peran pustakawan dalam memanfaatkan koleksi di perpustakaan SMP Negeri 5 Malang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan fakta-fakta dan keterangan secara faktual. Data penelitian ini berupa jenis koleksi, cara pemanfaatan koleksi, peran pustakawan. Sumber data penelitian ini berupa katalog, sirkulasi, pustakawan, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik pengempulan data dokumentasi dilakukan dengan mengambil data berupa buku catatan dan dokumen yang tersimpan. Wawancara merupakan teknik pengambilan data dengan mengajukan beberapa pertanyaan ke peserta didik dan petugas perpustakaan. Pengumpulan data melalui penyebaran angket dilakukan dengan menyebar pertanyaan ke peserta didik.

 

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, jenis koleksi yang dimanfaatkan yaitu, (a) koleksi nonfiksi, (b) koleksi fiksi, (c) koleksi referensi, (d) koleksi serial, dan (e) koleksi noncetak. Kedua, cara pemanfaatan koleksi dengan cara (a) membaca, (b) meminjam, (c) merangkum, dan (d) melihat video. Ketiga, peran pustakawan yang dilakukan sebagai (a) fasilitator, (b) pemimpin, dan (c) pendamping.