Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kualitas Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan SMP Negeri 5 Malang

Elly Megawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Megawati, Elly. 2015. Kualitas Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widodo, Hs, M.Pd (II) Dra. Suharti, S.IP

 

Kata Kunci: perpustakaan sekolah, layanan sirkulasi, prosedur layanan, kualitas layanan

 

Layanan sirkulasi merupakan kegiatan yang berkaitan dengan transaksi peminjaman bahan pustaka, pengembalian bahan pustaka, dan perpanjangan bahan pustaka. Perpustakaan dikatakan ideal apabila memiliki pelayanan yang baik. Suatu pelayanan dikatakan baik apabila telah memenuhi tingkat kepuasan bagi penggunanya. Perpustakaan SMP Negeri 5 Malang menggunkaan teknologi informasi dengan menggunakan software LOTUS dan SLiMS sebagai penunjang dalam proses sirkulasi di perpustakaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) prosedur layanan sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Malang, (2) sistem layanan sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Malang, dan (3) penilaian pengguna terhadap layanaan sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data yaitu membuat rangkuman dari jawaban responden dan mengumpulkan serta memilah hasil dari prosedur layanan sirkulasi, sistem layanan sirkulasi, dan penilaian pengguna terhadap layanan sirkulasi, proses penyajian data yaitu menganalisis data dengan cara menginterpretasikan data berdasarkan pengamatan langsung di lapangan, dan menarik kesimpulan berdasarkan fakta-fakta di  lapangan.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) prosedur layanan sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Malang menggunakan kartu anggota sebagai bukti untuk melakukan setiap transaksi peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan. Prosedur layanan tidak dilengkapi dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang digunakan petugas sebagai pedoman dalam melaksanakan layanan di perpustakaan; (2) sistem layanan sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Malang menggunakan sistem terbuka yaitu memilih dan mengambil sendiri koleksi yang diinginkan. Program yang digunakan dalam layanan sirkulasi ialah software LOTUS dan SLiMS; dan (3) penilaian pengguna terhadap layanan sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Malang sebagian besar siswa menyatakan sangat puas dan puas, sebagaian kecil siswa menjawab cukup puas.