Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ATMOSPHERIC PERPUSTAKAAN SMAN 8 MALANG

Siti Maimunah

Abstrak


ABSTRAK

 

Maimunah, Siti.  Atmospheric Perpustakaan SMAN 8 Malang. Tugas Akhir. Prodi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pemimbing: (I) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd, (II) Drs. Hari Santoso, S.Sos.

 

Kata Kunci: Perpustakaan sekolah, atmospheric.

 

Perpustakaan sekolah merupakan bagian integral sekolah sebagai sumber belajar dan mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah. Atmospheric yang sesuai standar perlu untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna. Atmospheric perpustakaan meliputi, tata ruang, penataan sirkulasi udara, pencahayaan, dekorasi, dan fasilitas.

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini untuk (a) mendeskripsikan atmospheric Perpustakaan SMAN 8 Malang, (b) mendeskripsikan kendala yang dihadapi pengelola terkait atmospheric Perpustakaan SMAN 8 Malang, (c) mendeskripsikan tindakan yang dilakukan pihak SMAN 8 untuk memaksimalkan atmospheric Perpustakaan SMAN 8 Malang. Metode yang digunakan peneliti dalam penulisan tugas akhir dengan metode kualitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan data sesuai dengan kondisi di lapangan. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara sebagai penguat data yang diperoleh dari sumber data yaitu perabot, fasilitas dan pengelola. Instrumen yang digunakan peneliti untuk pengambil data di lapangan adalah pedoman observasi, dan pedoman wawancara.

 

Hasil penelitian dalam tugas akhir ini (a) atmospheric perpustakaan SMAN 8 Malang masih kurang sesuai dengan standar perpustakaan sekolah, (b) kendala yang dihadapi pengelola perpustakaan SMAN 8 Malang yaitu kurangnya luas ruangan serta perabot dengan jumlah yang banyak dengan ukuran yang terlalu besar, (c) tindakan yang dilakukan pihak SMAN 8 Malang dengan melakukan perubahan tata ruang pada ruang petugas dan ruang baca, hal lain yang dilakukan dengan melakukan penataan koleksi atau penyiangan pada bahan pustaka. Hasil penelitian ini dapat menjadi evaluasi  kerja dan diharapkan dapat membantu pengelola perpustakaan SMAN 8 Malang dalam mengatasi kendala terkait atmospheric Perpustakaan SMAN 8 Malang.