Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Program Wajib Kunjung Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di SMP Negeri 5 Malang

Woro Abidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Abidah, Woro. 2015. Impelementasi Program Wajib Kunjung Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di SMP Negeri 5 Malang. Tugas Akhir. Prodi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Martutik, M. Pd, (II) Ali Mas’ud, S.Sos.

 

Kata kunci: perpustakaan sekolah, minat baca, program wajib kunjung perpustakaan.

 

Minat baca masih menjadi permasalahan dunia terutama di negara berkembang. Solusi dari rendahnya minat baca yaitu mengenalkan perpustakaan sebagai tempat yang menyenangkan dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas peserta didik dengan pembinaan minat baca. Kegiatan tersebut akan sulit direalisasikan jika peserta didik tidak memilki banyak waktu untuk berkunjung perpustakaan terutama jadwal pelajaran yang ketat. Pemecahan masalah ini dilakukan oleh pemerintah yang memberikan standar perpustakaan sekolah untuk memiliki waktu tersendiri dalam berkunjung perpustakaan bagi peserta didik yaitu program wajib kunjung perpustakaan. SMP Negeri 5 Malang mempunyai program wajib kunjung perpustakaan yang dapat merealisasikan kegiatan-kegiatan pembinaan minat baca dan memberi kesempatan peserta didik untuk mengenal perpustakaan sehingga peserta didik akan terbiasa dalam mengembangkan potensinya lewat membaca. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan (a) program wajib kunjung perpustakaan, (b) kegiatan peserta didik dalam memanfaatakan program wajib kunjung perpustakaan di SMP Negeri 5 Malang, dan (c) kendala implementasi program wajib kunjung perpustakaan di SMP Negeri 5 Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptis kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Data pada penelitian ini berupa: (a) program wajib kunjung perpustakaan yang dapat meningkatkan minat baca, (b) kegiatan peserta didik dalam memanfaatkan wajib kunjung perpustakaan, dan (c) kendala program wajib kunjung perpustakaan. Sumber data pada penelitian ini berupa: (a) jurnal kegiatan perpustakaan, (b) jadwal perpustakaan, (c) proposal program wajib kunjung perpustakaan, (d) kepala dan petugas perpustakaan, (e) peserta didik, dan (f) buku peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa: (a) studi dokumentasi, (b) wawancara, dan (c) angket.

 

Hasil dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, program wajib kunjung perpustakaan mempunyai lima kegiatan yaitu membaca dan meringkas, menonton video, pendidikan pemakai perpuatakaan, permainan edukasi, dan membuat karya tulis. Kedua, kegiatan peserta didik dalam memanfaatkan jam perpustakaan sesuai dengan program yang ditetapkan dan sudah sesuai dengan jadwal akan tetapi tidak semua peserta didik melakukan kegiatan tersebut. Ketiga, kendala program wajib kunjung perpustakaan yaitu jarak antara perpustakaan dengan kelas jauh, kurangnya tenaga perpustakaan, menggunakan HP saat jam wajib kunjung perpustakaan, koleksi buku perpustakaan yang kurang memadai, dan program wajib kunjung perpustakaan kurang bervariasi.