Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengoptimalan Layanan Prima Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengguna Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Agnia Yulia Vanda

Abstrak


ABSTRAK

 

Vanda, Agnia Yulia. 2015. Pengoptimalan Layanan Prima Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengguna Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. (II) Taufiq Kurniawan, SIP., M.IP

 

Kata Kunci: layanan prima, kepuasan pengguna

 

Perpustakaan dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas tinggi yaitu layanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna perpustakaan. Kualitas pelayanan merupakan hal yang sangat penting untuk diwujudkan karena kualitas pelayanan perpustakaan sangat ditentukan oleh pelayanan yang diberikan penyedia jasa layanan kepada penggunanya agar harapan mereka dapat terpenuhi. Berkaitan dengan itu, maka perpustakaan sebagai penyedia jasa pelayanan harus mengoptimalkan layanan prima  untuk mewujudkan pelayanan yang sesuai dengan harapan pengguna yaitu dapat memenuhi kebutuhan informasi sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi layanan prima, tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan layanan, dan cara mengoptimalkan layanan prima untuk kepuasan pengguna perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mempelajari sumber-sumber informasi berupa cetak maupun noncetak, menggunakan teknik wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengolahan data, tahap pengorganisasian data, dan tahap penemuan hasil.

 

Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengotimalkan layanan prima untuk meningkatkan kepuasan pengguna perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.