Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN DENGAN SOFTWARE SLiMS (SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM) SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMAN 8 MALANG

Bachrul Ilmi

Abstrak


ABSTRAK

 

Ilmi, Bachrul. 2015. Implementasi Sistem Otomasi Perpustakaan dengan Software SLiMS (Senayan Library Management System) Sebagai Penunjang Kegiatan Pengolahan Bahan Pustaka di Perpustakaan SMAN 8 Malang. Tugas Akhir. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Nurchasanah, Dr., M.Pd, (II) Taufiq Kurniawan, SIP., M.IP.

 

Kata Kunci: pengolahan, bahan pustaka, software perpustakaan, otomasi, SLiMS

 

Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang berada dalam instansi sekolah dan merupakan penyedia, pengolah bahan pustaka, serta pendukung terwujudnya tujuan pendidikan di sekolah. Pemanfaatan teknologi untuk perpustakaan saat ini menjadi hal yang penting untuk mengurangi beban petugas perpustakaan, terutama pada bidang pengolahan yang merupakan salah satu kegiatan penting di perpustakaan. Pelaksanaan kegiatan pengolahan di perpustakaan SMAN 8 Malang masih konvensional. Oleh karena itu, diterapkan sistem otomasi menggunakan software SLiMS versi 5 untuk kegiatan pengolahan bahan pustaka di perpustakaan SMAN 8 Malang.

Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam tugas akhir ini meliputi (1) kegiatan pengolahan bahan pustaka di perpustakaan SMAN 8 Malang, (2) permasalahan pada kegiatan pengolahan bahan pustaka, (3) proses penerapan sistem otomasi perpustakaan pada bagian pengolahan bahan pustaka dengan software SLiMS, dan (4) kendala dalam pengolahan bahan pustaka menggunakan sistem otomasi dengan software SLiMS. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan sesuai pedoman analisis data dengan tahapan (1) reduksi data, (2) pemberian kode, (3) kategorisasi, (4) pengolahan data, (5) penentuan hasil, dan (6) penafsiran hasil.

Hasil penelitian tugas akhir ini antara lain (1) kegiatan pengolahan di perpustakaan SMAN 8 Malang meliputi inventarisasi, kegiatan klasifikasi buku, kelengkapan buku, dan penyusunan buku di rak; (2) permasalahan yang terjadi di bagian pengolahan bahan pustaka mencakup permasalahan terkait dengan kegiatan inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, permasalahan kelengkapan buku, dan permasalahan penyusunan buku di rak; (3) proses penerapan software SLiMS di perpustakaan SMAN 8 Malang melalui tahapan persiapan hardware, persiapan software, instalasi software, konfigurasi jaringan lokal, dan implementasi software SLiMS di bagian pengolahan; dan (4) kendala pada pemanfaatan SLiMS pada bagian pengolahan di perpustakaan SMAN 8 Malang meliputi kendala jaringan, belum ada  perangkat pendukung, masih terdapat item bibliografi yang belum lengkap, dan petugas perpustakaan masih belum mengenal software SLiMS.

Hasil penelitian dalam tugas akhir ini diharapkan dapat menjadi evaluasi kerja dan membantu petugas perpustakaan dalam mengatasi kendala di perpustakaan, khususnya pada kegiatan pengolahan bahan pustaka menggunakan software SLiMS di perpustakaan SMAN 8 Malang.