Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEPUASAN PEMUSTAKA PADA LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

Ahmad Lutfi

Abstrak


ABSTRAK

 

Lutfi, Ahmad. 2014. Kepuasan Pemustaka Pada Layanan Sirkulasi Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang. Tugas akhir. Jurusan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roekhan, M.Pd, (II) Sokhibul Ansor, S.Sos, M.Hum.

 

Kata kunci : kepuasan pemustaka, Pelayanan sirkulasi

 

Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna pada aspek layanan sirkulasi Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang, peneliti, peneliti selanjutnya.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dekriptif yaitu penelitian yang berdasarkan survey. Dan metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif.

Penelitian ini melihat dari segi kualitas layanan sirkulasi, tentunya yang menjadi populasi penelitian ini adalah pemustaka/pengunjung perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah pemustaka/pengunjung yang memanfaatkan layanan sirkulasi, dengan mengambil semua subjek yang memenuhi kriteria pengguna sebagai responden. Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif, untuk mendapatkan  pencarian data tingkat kepuasan memerlukan data yang berupa angka. Dengan demikian penulis menggunakan jenis data yang berupa angka (kuantitatif) untuk meneliti.

Beberapa sumber primer yang diperoleh peneliti yaitu didapat langsung dari responden melalui angket kuesioner atau pertanyaan tentang variabel yang diteliti. kegiatan ini mengambil data berupa data primer yang mana data primer dapat diperoleh secara langsung dari mahasiswa yang memeanfaatkan layanan sirkulasi di perpustakaan. Sedangkan data sekunder yaitu data melalui buku-buku yang digunakan untuk mendalami teori tentang variabel yang diteliti.

Manusia merupakan alat (instrument) utama pengumpulan data. Dengan bantuan orang lain sebagai alat utama pengumpulan data kegiatan ini bisa berjalan lancar. Dalam kegiatan mengenai penelitian kepuasan pemustaka pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang, Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Pertanyaan yang ada di dalam angket terkait dengan fokus kegiatan sehingga hasil dari angket yang didapat sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Data yang telah dihitung selanjutnya disusun dan disajikan dalam bentuk tabel. Karena jenis penelitian ini adalah deskriptif, maka analisis data dilakukan berdasarkan data yang diperoleh lalu dipaparkan secara deskriptif  kedalam kalimat-kalimat guna menggambarkan secara jelas keadaan atau fakta yang ada mengenai kepuasan pemustaka pada layanan sirkulasi Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang.

Secara keseluruhan kepuasan terhadap pelayanan sirkulasi perpustakaan  Universitas Kanjuruhan Malang berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan pemustaka terhadap Bukti Langsung (Tangibles) digambarkan bahwa penampilan petugas 100 % memuaskan, penataan koleksi 83,3 % memuaskan, kelangkapan koleksi 90 % memuaskan, fasilitas yang disediakan 93,3 % memuaskan, dan sarana foto copy di sirkulasi 69,97 % kurang memuaskan. Aspek kehandalan petugas bahwa kecepatan dan ketepatan melayani 83,34 % memuaskan, kehandalan petugas 93,34 % memuaskan. Aspek daya tanggap petugas bahwa kesediaan menanggapi 90 % memuaskan dan kejelasan informasi 90 % memuaskan. Hasil analisis pada aspek jaminan bahwa sikap kesopanan 100 % memuaskan, pengetahuan petugas 96,63 % memuaskan, kebutuhan sumber informasi 100 % memuaskan, kemudahan akses iformasi 93,33 % memuaskan, dan penelusuran pada OPAC 96.67 % memuaskan. Hasil analisis pada aspek empati bahwa perhatian pribadi 90 % memuaskan, tata ruang 93,33 % memuaskan, sikap keterbukaan pustakawan 93,34 % memuaskan, suasana 93,67 % memuaskan, dan kenyamanan 100 % memuaskan.