Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah oleh Guru sebagai Bentuk Pembelajaran di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang

Cici Puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari, Cici. 2014. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah oleh Guru sebagai Bentuk Pembelajaran di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang. Tugas Akhir, Program Studi Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. Roekhan, M.Pd (II) Ali Mas’ud, A.Ma, S.Sos

 

Kata Kunci: Pemanfaatan, Perpustakaan Sekolah, Guru

 

Pemanfaatan perpustakaan yaitu proses atau cara atau perbuatan untuk memanfaatkan dari koleksi dan layanan perpustakaan. Perpustakaan sekolah adalah salah satu unit kerja yang ada di sekolah yang berguna untuk mengumpulkan, menyimpan, dan memelihara bahan pustaka guna menunjang proses belajar mengajar dan sebagai pusat sumber belajar yang ada di sekolah. Guru sebagai fasilitator dan motivator bagi siswanya harus mampu kreatif dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah. Banyak fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan yang bisa dimanfaat oleh guru dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil perpustakaan SMA Negeri 8 Malang dan untuk mendeskripsikan bentuk pemanfaatan guru dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlangsung selama dua bulan yaitu pada tanggal 6 Januari 2014 sampai 3 Maret 2014saat Praktik Kerja Lapangan (PKL). Lokasi penelitian di SMA Negeri 8 Malang, JalanVeteran no. 37 Malang. Data dalam penelitian ini berupa paparan verbal tentang kegiatan di perpustakaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah petugas perpustakaan, guru, dan siswa SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan teknik pengamatan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, perpustakaan SMA Negeri 8 Malang memiliki luas 10 m2 yang cukup untuk menampung 40 siswa. Perpustakaaan SMA Negeri 8 Malang bertujuan menunjang kegiatan pembelajaran dengan disediakan koleksi-koleksi untuk pembelajaran. Bagian kerja dalam perpustakaan SMA 8 Malang meliputi koordinator perpustakaan, administrasi, dan sirkulasi. Kegiatan kerja di perpustakaan SMA Negeri 8 Malang meliputi kegiatan kerja pengadaan bahan pustaka, kegiatan kerja pengolahan bahan pustaka, kegiatan kerja sirkulasi, kegiatan kerja layanan pemakai, dan kegiatan kerja pengembangan/pemanfaatan teknologi informasi.Bentuk pemanfaatan perpustakaan yang dilakukan oleh guru dalam perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar, yaitu sebagai tempat melakukan pembelajaran, kegiatandiskusipembelajaran, pencarian data di perpustakaanterkait dengan pembelajaran,penugasankepadasiswaberkunjungkeperpustakaan sekolah untuk mencari referensi, peminjamanbuku di perpustakaan berkaitan dengan pembelajaran,danpenempatan hasil karya guru dan siswa.

Dari kesimpulan tentang profil perpustakaan, peneliti menyarankan perpustakaan SMA Negeri 8 Malang untuk mempunyai pustakawan lulusan yang sesuai bidang yaitu perpustakaan, karena dengan begitu perpustakaan bisa mengoptimalkan layanan yang ada di perpustakaan SMA Negeri 8 Malang. Dari kesimpulan tantang bentuk pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh guru sebagai sumber belajar, peneliti menyarankan perpustakaan bekerja sama dengan guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran di perpustakaan karena guru kurang melakukan kegiatan pembelajaran di perpustakaan SMA Negeri 8 Malang, petugas perpustakaan menanyakan kebutuhan bahan pustaka kepada guru untuk pembelajaran, dan petugas perpustakaan dan guru mengadakan acara atau lomba yang berkaitan dengan perpustakaan supaya siswa sering memanfaatkan perpustakaan.