Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Koleksi Terbitan Berseri Oleh Pemustaka Di Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang

Arga Dwi Saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Arga Dwi. 2014. Pemanfaatan Koleksi Terbitan Berseri Oleh Pemustaka Di Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang. Tugas Akhir, Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roekhan, M.Pd. (II) Sokhibul Ansor, S.Sos, M.Hum.

 

Kata Kunci : pemanfaatan, terbitan berseri

 

Terbitan berseri adalah terbitan yang dipublikasikan dalam bagian-bagian yang berturut-turut dengan tenggang waktu tertentu dan dimaksudkan untuk terbit terus menerus dalam waktu tidak terbatas. Ciri-cirinya adalah memuat artikel yang ditulis oleh beberapa orang, artikelnya tidak terlalu panjang dan berisi informasi yang dianggap menarik perhatian serta dikelola oleh tim yang disebut dengan redaksi. Terbitan berseri ini merupakan bentuk arsip ilmiah yang terus menerus diterbitkan dengan tenggang waktu tertentu serta memiliki kontrol internasional. Jenis koleksi terbitan berseri yang ada di Perpustakaan Universitas Kanjuruhan antara lain majalah, koran/ surat kabar, dan jurnal. Koleksi terbitan berseri dapat dimanfaatkan untuk menunjang pendidikan, menambah wawasan, hiburan, penelitian, dan penulisan karya ilmiah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan koleksi terbitan berseri oleh pemustaka di Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, aktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil angket mengenai pemanfaatan koleksi terbitan berseri oleh pemustaka di Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang. Populasi yang diambil dari penelitian ini diambil dari mahasiswa yang datang ke perpustakaan dan untuk menentukan sampel menggunakan teknik sampling insidental, adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang cocok sebagai sumber data.

Jenis informasi yg dibutuhkan oleh pemustaka dalam pemanfaatan koleksi terbitan berseri yaitu jurnal (artikel). Hampir setengahnya (47,5%) dari responden menyatakan bahwa motivasi dari pemanfaatan koleksi terbitan berseri yaitu untuk mengerjakan tugas kuliah. Dalam pemanfaatan koleksi terbitan berseri, waktu yang digunakan responden selama 1-2 jam dan sebagian besar responden menyatakan 1-2 kali dalam sebulan. Untuk pelayanan di perpustakaan, hampir seluruh responden menyatakan bahwa sikap pustakawan/ petugas di Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang menyenangkan dalam memberikan pelayanan.

Sebaiknya kepada perpustakaan diharapkan menyediakan koleksi terbitan berseri yang up to date dan perlu adanya promosi perpustakaan dari pustakawan untuk mendoong mahasiswa memanfaatkan koleksi terbitan berseri di perpustakaan dalam menunjang proses pembelajaran.