Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Guru dan Siswa terhadap Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang

Wenny Putriyanti

Abstrak


ABSTRAK

Persepsi adalah proses penilaian mengenai suatu peristiwa dengan memberikan nilai positif atau negatif melalui alat indera manusia yang dapat diperoleh dengan cara menyimpulkan pesan. Adapun perpustakaan sekolah adalah unit kerja dalam lingkup sekolah berupa tempat yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan memelihara koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis untuk dapat digunakan oleh para pemakainya sebagai pusat sumber informasi. Layanan sirkulasi pada perpustakaan merupakan ujung tombak sebuah perpustakaan karena bagian inilah yang pertama kali berhubungan secara langsung dengan pemakai perpustakaan serta bagian yang paling sering berhubungan dengan pemakai. Dalam memenuhi kebutuhan pemakai seperti guru dan siswa tentu layanan sirkulasi harus memberikan pelayanan yang maksimal. Persepsi positif maupun negatif yang diberikan guru dan siswa terhadap layanan sirkulasi tentu sangat bisa digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kinerja petugas di layanan sirkulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru dan siswa terhadap layanan sirkulasi di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang. 

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan tiga buah instrumen yaitu, pedoman kuisioner, pedoman wawancara, dan pedoman observasi yang digunakan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap layanan sirkulasi di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang.

Dari hasil penelitian dapat maka diketahui persepsi guru dan siswa terhadap layanan sirkulasi di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang dapat dikatagorikan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan 57.5% responden menyatakan layanan sirkulasi telah memberikan kepuasan dalam melayani pemakai perpustakaan, 92.5% responden menyatakan fasilitas perpustakaan yang ada telah menunjang kegiatan perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi, dan 77.5% responden menyatakan layanan yang diberikan petugas sirkulasi telah memberikan pelayanan yang cukup baik terhadap pemakai di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang.

Dari hasil penelitian dan temuan data yang telah dilakukan penulis maka dapat dikemukakan saran mengenai persepsi guru dan siswa terhadap layanan sirkulasi di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang, pada layanan sirkulasi alangkah baiknya jika ditingkatkan lagi pelayanan yang diberikan oleh petugas perpustakaan kepada pemakai sehingga layanan sirkulasi dapat berjalan dengan optimal. Adapun mengenai fasilitas perpustakaan alangkah baiknya apabila petugas perpustakaan selalu memantau fasilitas perpustakaan sehingga selalu dapat digunakan pemakai perpustakaan dan terjaga dengan baik. Serta mengenai petugas layanan sirkulasi sebaiknya, SMA Negeri 8 Malang perlu memiliki petugas perpustakaan yang mempunyai latar belakang ilmu perpustakaan sehingga dapat mampu merubah image perpustakaan itu sendiri, serta melakukan promosi perpustakaan sebagai salah satu prioritas program utama sekolah yang akan menjadikan kegiatan tersebut mendapat perhatian khusus terutama dengan adanya dukungan dana, staf yang professional, serta fasilitas-fasilitas lain yang dapat menunjang perpustakaan.