Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PUSAT SUMBER BELAJAR DAN INFORMASI BAGI MAHASISWA KEPERAWATAN POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN MALANG

Pindyana Adiatama

Abstrak


ABSTRAK

 

Adiatama, Pindyana. 2014. Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar dan Informasi Bagi Mahasiswa Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd, (II) Dra. Suharti, S.IP

 

Kata kunci: pemanfaatan sumber belajar, informasi, mahasiswa, perpustakaan

 

Perpustakaan merupakan sarana belajar yang baik bagi setiap orang yang ingin mengembangkan wawasannya. Di perpustakaan akan diperoleh berbagai jenis buku dan informasi. Fungsi utama perpustakaan perguruan tinggi yakni mendukung proses perkuliahan agar mahasiswa memahami bahan materi kuliah untuk menyelesaikan tugas kuliah, praktikum, dan menyelesaikan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi.

Tujuan penulisan tugas akhir ini untuk mendeskripsikan pendapat mahasiswa terhadap pemanfaatan perpustakaan sebagai tempat untuk mendapatkan buku referensi dalam penyelesaian tugas kuliah, tugas praktikum dan tugas akhir, mendapatkan buku referensi dalam menambah wawasan keilmuan sebagai pribadi, dan referensi untuk mengikuti perkembangan informasi mutakhir.

Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang diambil adalah mahasiswa keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang, dan sampel yang dipilih 72 responden dengan menggunakan sampel acak. Data yang dikumpulkan berupa pengalaman mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaaan perguruan tinggi sebagai pusat sumber belajar dan informasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket.  Angket menghasilkan data yang ditabulasikan dan kemudian dipersentasikan.

Hasil analisis data tentang pengalaman mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat mendapatkan referensi tugas kuliah dapat dipaparkan dari 4 sudut pandang yaitu: Pertama, dari kemudahan mahasiswa dalam memperoleh referensi tugas kuliah diketahui 55,56% (40 orang) menyatakan kadang-kadang memperoleh referensi mengenai tugas kuliah. Kedua, dari cara mahasiswa memperoleh materi tugas kuliah di perpustakaan yaitu 51,81% (43 orang) menyatakan membaca buku referensi, artikel, kamus atau makalah. Ketiga, dari penyajian referensi tugas kuliah yang up to date 56,94% (41 orang) menyatakan kadang-kadang up to date. Keempat, dari peran perpustakaan dalam membantu proses pengerjaan tugas kuliah diketahui 54,17% (39 orang) menyatakan perpustakaan cukup membantu dalam pengerjaan tugas kuliah.

Pengalaman mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat mendapatkan referensi tugas praktikum dapat dipaparkan dari 4 sudut pandang yaitu Pertama, kemudahan dalam memperoleh referensi tugas paraktikum diketahui  59,72% (43 orang) menyatakan kadang-kadang mendapatkan referensi tugas praktikum, Kedua, dari bentuk referensi penyelesaian tugas praktikum yang memilih buku teks, jurnal dan makalah sebanyak 54,66% (41 orang). Ketiga, dari cara mahasiswa memperoleh materi tugas praktikum di perputakaan yaitu 55,13% (43 orang) menyatakan membaca buku referensi, artikel, kamus atau makalah. Keempat, dari peran perpustakaan dalam membantu proses pengerjaan tugas praktikum diketahui  58,33 % (42 orang) mengatakan perpustakaan cukup membantu.

Pengalaman mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat mendapatkan referensi tugas akhir dapat dipaparkan dari 2 sudut pandang yaitu: Pertama, dari ketersediaan referensi untuk tugas akhir diketahui 63,89% (46 orang) menyatakan kadang-kadang memperoleh referensi tugas akhir. Kedua, dari cara mahasiswa memperoleh materi tugas akhir di perputakaan yaitu 46,46% (46 orang) menyatakan mencari langsung ke perpustakaan.

Pengalaman mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat mendapatkan referensi dalam menambah wawasan  keilmuan pribadi dapat dipaparkan dari 4 sudut pandang yaitu: Pertama, dari ketersediaan referensi untuk tugas akhir diketahui  50% (36 orang) menyatakan kadang-kadang memperoleh referensi dalam menambah wawasan pribadi. Kedua, dari bentuk referensi untuk menambah wawasan pribadi diketahui 63,22% (55 orang) menyatakan buku teks. Ketiga, perilaku mahasiwa setelah memperoleh informasi dalam menambah wawasan diketahui 46,83% (37 orang) menyatakan menulis artikel untuk dipublikasikan, membagi pengetahuan dengan teman, membagi pengetahuan dengan orang lain. Keempat, cara mahasiswa memperoleh materi tugas akhir di perputakaan yaitu 49,50% (50 orang) menyatakan membaca artikel di internet.

Pengalaman mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat mendapatkan referensi dalam menambah informasi yang mutakhir dapat dipaparkan dari 3 sudut pandang, Pertama, ketersediaan artikel di web perpustakaan dalam menyediakan informasi yang mutakhir diketahui 51,39% (37 orang) menyatakan tersedia hanya beberapa. Kedua, dari ketersediaan informasi yang mutakhir diketahui 72,22%  (52 orang) menyatakan kadang-kadang tersedia informasi yang mutakhir. Ketiga, dari perpustakaan yang mengikuti perkembangan informasi saat ini diketahui 59,72% (43 orang) menyatakan kadang-kadang.

Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) perpustakaan hendaknya menambah referensi-referensi yang ada sehingga dapat membantu mahasiswa dalam memperoleh referensi tugas kuliah, tugas praktikum, dan tugas akhir; (2) perpustakaan harus selalu update dalam menyajikan informasi untuk menambah wawasan keilmuan pribadi dan informasi mutakhir bagi mahasiswa; (3) perpustakaan hendaknya menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung untuk menunjang proses pembelajaran yang ada di perpustakaan.