Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Mahasiswa terhadap Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Pusat Universitas Islam Malang

Sur'atul Fikriyah

Abstrak


ABSTRAK

Layanan perpustakaan merupakan kunci keberhasilan sebuah perpustakaan.Bagi sebuah perpustakaan, layanan sirkulasi bisa dijadikan barometer penilaianperpustakaan. Dengan kata lain layanan sirkulasi merupakan humas bagi sebuah perpustakan karena dibagian layanan ini pustakawan berinteraksi langsung dengan pengguna dan layanan sirkulasi merupakan layanan yang dapat secara langsung dirasakan oleh pengguna. Dalam layanan sirkulasi terdapat beberapa layanan, diantaranya layanan peminjaman, layanan pengembalian, dan layanan perpanjangan bahan pustaka. Tugas akhir dilaksanakan dengan tujuan mendiskripsikanproses layanan sirkulasi yang berada di perpustakaan pusat Universitas Islam Malang dan persepsi mahasiswa terhadap layanan sirkulasi.

Tugas akhir ini menggunakan satu macam metode deskriptif kualitatif. Data tugas akhir berupa proses layanan sirkulasi di perpustakaan dan persepsi mahasiswa terhadap layanan sirkulasi di perpustakaan.Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, pedoman wawancara, dan pedoman observasi.Kegiatan analisis data dimulai dari tahap mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.

Hasil tugas akhir ini menunjukkan (1) proses layanan peminjaman bahan pustaka, proses layanan perpanjangan bahan pustaka, dan proses layanan pengembalian bahan pustaka dalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan peraturan perpustakaanyang ada.(2) persepsi mahasiswa terhadap layanan peminjaman bahan pustaka di perpustakaan pusat Islam Malang sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari 80,6% responden menyatakan proses dan prosedur peminjaman bahan pustaka di perpustakaan sangat baik, (3) persepsi mahasiswa terhadap layanan perpanjangan bahan pustaka di perpustakaan pusat Universitas Islam Malang sudah baik. Hal ini dapat dilihat 74% responden menyatakan proses dan prosedur perpanjangan bahan pustaka di perpustakaan sangat baik, dan (4) persepsi mahasiswa terhadap layanan pengembalian bahan pustaka di perpustakaan pusat Universitas Islam Malang sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari75,2% responden menyatakan bahwa pelayanan pengembalian bahan pustaka di perpustakaan berjalan sangat baik.

Saran yang dapat diberikan dari hasil tugas akhir ini adalah: (1) memperbaiki peraturan perpustakaan yang ada dan disesuaikan dengan keadaan yang ada di perpustakaan Universitas Islam Malang, (2) mengonlinekan layanan perpanjangan bahan pustaka dan mahasiswa dapat memperpanjang bahan pustaka lebih dari satu kali, (3) menambahkan alat barcode dan alat droop book untuk pengembalian bahan pustaka,dan (4) menambahkan RFID pada setiap koleksi bahan pustaka.