Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KARAKTERISTIK PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI MALANG

AMELIA PUTRI PUSPITASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari, Amelia Putri. 2014. Karakteristik Pustakawan di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan, M.Pd, (II) Sokhibul Ansor, S.Sos., M.Hum, M.Si

 

Kata Kunci: karakteristik pustakawan, Politeknik Negeri Malang

 

Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Karakteristik pustakawan yang baik adalah pustakawan yang memiliki kredibilitas yang tinggi (high credibility), kredibilitas meliputi: (1) keahlian (expertise); (2) pengalaman (experience); dan (3) karya profesi (professional attainment).

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik pustakawan yang ada di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara angket. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel dengan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.

Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut. (1) latar belakang pendidikan, 4 orang pustakawan berlatar belakang pendidikan ilmu perpustakaan selebihnya yaitu 6 orang pustakawan merupakan pustakawan non teknis yang tidak berlatar belakang pendidikan ilmu perpustakaan. Pengalaman kursus pustakawan, sebagian pustakawan pernah mengikuti kursus yang berkaitan dengan perpustakaan. (2) masa kerja pustakawan, sebagian besar pustakawan sudah bekerja selama 1-6 tahun. Hampir seluruhnya pustakawan terlibat dalam kegiatan yang berkaitan dengan perpustakaan dan hampir seluruhnya pustakawan pernah memberikan pelatihan tentang perpustakaan. (3) pengalaman membuat karya terapan dan pengalaman melakukan penelitian, dari 10 orang pustakawan hanya 1 orang pustakawan saja yang pernah membuat karya terapan di bidang perpustakaan dan pernah melakukan penelitian.

Saran pustakawan di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang, yaitu: (1) Jenjang pendidikan pustakawan, untuk kepala perpustakaan seharusnya berjenjang pendidikan S2 dan berlatar belakang pendidikan ilmu perpustakaan. Untuk pustakawan non teknis seharusnya memiliki kualifikasi akademik paling rendah diploma dua (D-II). (2) Masa kerja pustakawan yang baik lebih dari 5 tahun masa kerja diperpustakaan. Pustakawan dan pustakawan non teknis harus lebih aktif dalam mengikuti seminar atau pelatihan yang berkaitan dengan perpustakaan agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. (3) pustakawan seharusnya dapat berlatih membuat karya terapan dan pustakawan juga dapat berlatih membuat suatu penelitian agar pustakawan tersebut dapat mengetahui kemampuannya.