Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERILAKU PARA PENCARI INFORMASI PERPUSTAKAAN BALAI PENELITIAN TANAMAN PEMANIS DAN SERAT (BALITTAS) MALANG

JULYANA PUTRI PERTIWI

Abstrak


ABSTRAK

 

Pertiwi, Julyana Putri. 2014. Perilaku Para Pencari Informasi Perpustakaan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Malang. Tugas Akhir. Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Martutik, M.Pd, (II) Drs. M. Asrukin, M,Si

 

Kata Kunci: para pencari informasi, perpustakaan Balittas Malang.

 

Tugas akhir ini berjudul “Perilaku Para Pencari Informasi Perpustakaan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (BALITTAS) Malang”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bidang perilaku para pencari informasi. Data diperoleh dari buku tamu pengunjung Perpustakaan Balittas tahun 2011-2013. Pemustaka/pengunjung dari data tersebut meliputi pegawai Balittas, mahasiswa, siswa, swasta, PNS dan masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung perpustakaan Balittas tahun 2011-2013 yaitu sejumlah 1321 pengunjung. Sampel yang ditetapkan adalah pengunujung menuliskan tujuan mereka datang ke perpustakaan Balittas di daftar buku pengunjung perpustakaan Balittas sejumlah 1105 pengunjung.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku pencari informasi yang berlangsung. Perilaku pencari informasi yang dipaparkan adalah kebutuhan para pencari informasi. Model perilaku para pencari informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisis data. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan studi dokumentasi.

Simpulan penelitian ini adalah kunjungan dari para pencari informasi tidak hanya datang untuk bertatap muka dengan pustawakan melainkan perilaku para pencari informasi diuraikan karna kebutuhan para pencari informasi berbeda. Dari hasil penelitian tersebut, dapat diambil simpulan bahwa  tujuan para pencari informasi ke perpustakaan Balittas adalah mencari bahan rujukan meliputi mecari buku, majalah, prosiding dan jurnal. Adapun para pencari informasi datang ke perpustakaan Balittas dengan tujuan meminjam dan mengembalikan buku, majalah, prosiding dan jurnal. Perpustakaan Balittas juga menjadi tempat membaca koran, buku, majalah, prosiding dan jurnal. Perpustakaan Balittas juga sebagai tempat izin untuk melakukan PKL. Pengunjung perpustakaan Balittas tidak selalu ramai, karena perpustakaan Balittas adalah perpustakaan khusus instansi pemerintah yang memberikan informasi tentang tanaman pemanis dan serat.