Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PENGELOLAAN TERBITAN BERSERI DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI MALANG

ARINTA SEPTI INDAH SARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Arinta Septi Indah. 2014. Pengembangan Pengelolaan Terbitan Berseri di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roekhan, M.Pd, (II) Sokhibul Ansor, S.Sos., M.Hum.

 

Kata kunci: pengembangan, pengelolaan, terbitan berseri

 

Koleksi terbitan berseri adalah salah satu terbitan yang berisi informasi berita atau kabar, berita keilmuan serta kejadian-kejadian yang menyangkut ekonomi, politik dan lain-lain dalam masyarakat yang direncanakan terbit terus-menerus dalam jangka waktu yang tidak terbatas, dan dikelola oleh sekelompok orang yang biasanya disebut redaksi.

Di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang, koleksi terbitan berseri masih belum dikelola secara maksimal, misalnya belum adanya katalog, indeks artikel majalah/jurnal dan kelengkapan lainnya. Koleksi ini hanya dijajarkan di rak sesuai dengan judul koleksi berseri yang dapat mengakibatkan pengguna sulit untuk mencari informasi di dalam terbitan berseri.

Karena koleksi terbitan berseri di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang masih belum dikelola dengan maksimal, maka peneliti ingin membuat pengembangan pengelolaan terbitan berseri untuk Perpustakaan Politeknik Negeri Malang agar mempermudah pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Metode penelitian pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Dalam hal ini, peneliti ingin menghasilkan suatu pengembangan pengelolaan terbitan berseri. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan cara mengambil data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan angket.

Pengembangan pengelolaan terbitan berseri yang dibuat adalah mulai dari inventarisasi terbitan berseri, pengklasifikasian terbitan berseri, pembuatan kartu katalog terbitan berseri, pembuatan holding list (daftar kepemilikkan) terbitan berseri, pembuatan indeks artikel majalah/jurnal, dan penataan terbitan berseri di rak. Pengembangan yang telah dibuat oleh peneliti kemudian di validasi oleh para ahli perpustakaan untuk dilakukan perbaikan acuan. Hasil validasi, para ahli menambahkan dua tahapan dalam pengembangan pengelolaan terbitan berseri, yaitu display terbitan berseri dan penjilidan terbitan berseri.

Pengembangan pengelolaan terbitan berseri yang telah dibuat oleh peneliti dapat digunakan dengan baik oleh Perpustakaan Politeknik Negeri Malang agar dapat memudahkan pengguna untuk mencari informasi dalam majalah/jurnal. Sedangkan untuk pustakawan Perpustakaan Politeknik Negeri Malang, dapat menerapkan pengembangan pengelolaan terbitan berseri yang dibuat oleh peneliti sesuai dengan tahapan yang telah diberikan oleh peneliti, yaitu inventarisasi, display, pengklasifikasian, pembuatan kartu katalog, pembuatan holding list (daftar kepemilikan), pembuatan indeks artikel, penjilidan, dan penataan terbitan berseri di rak.