Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Teknologi Informasi oleh Pustakawan Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Rosi Imama

Abstrak


ABSTRAK

 

Imama, Rosi. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi oleh Pustakawan Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurchasanah, M.Pd, (II) Drs. Dwi Sugianto, M.Pd

 

Kata Kunci: pemanfaatan teknologi informasi, perpustakaan, pustakawan

 

Pada era globalisasi ini, teknologi informasi memunyai pengaruh yang besar pada kehidupan masyarakat. Tidak hanya berpengaruh pada kehidupan masyarakat, teknologi informasi juga berpengaruh terhadap dunia perpustakaan. Pemanfaatan teknologi informasi dapat menjadikan perpustakaan yang dulunya masih konvensional atau manual sekarang menjadi perpustakaan terotomasi. Salah satu perpustakaan yang memanfaatkan teknologi informasi adalah Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Secara lebih rinci, pada tugas akhir ini akan dijelaskan mengenai pemanfaatan tersebut.

Tugas akhir ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yaitu teknologi informasi yang digunakan oleh pustakawan Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, kegiatan pustakawan yang menggunakan teknologi informasi di Perpustakaan Fakultas Ekomomi Universitas Negeri Malang, hambatan yang dialami pustakawan Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam pemanfaatan teknologi informasi, dan cara pustakawan Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang mengatasi hambatan-hambatan terkait pemanfaatan teknologi informasi.

Tugas akhir ini menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek pengamatan untuk tugas akhir ini adalah pustakawan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data untuk tugas akhir ini adalah teknik observasi dan teknik wawancara. Analisis yang dilakukan pada setiap data dengan tahapan reduksi data, pemberian kode, katagorisasi, dan penafsiran data.

Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh empat kesimpulan yaitu sebagai berikut. Pertama, teknologi informasi terkini yang digunakan oleh pustakawan Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang adalah teknologi perangkat keras dan teknologi perangkat lunak. Teknologi perangkat keras berupa komputer . Teknologi perangkat lunak berupa microsoft word, microsoft excel, Sipadu, perangkat lunak inventarisasi skripsi, dan perangkat lunak untuk presensi. Teknologi komunikasi berupa jaringan komputer internet.

Kedua, ada beberapa kegiatan pustakawan yang menggunakan teknologi informasi di Perpustakaan Fakultas Ekomomi Universitas Negeri Malang, yaitu meminta katalog kepada penerbit, menyeleksi buku yang akan dibeli, membuat daftar buku yang akan dibeli, penginputan data buku, membuat dan mencetak barcode nomor register buku dan nomor punggung/label buku, melakukan layanan peminjaman, layanan pengembalian, layanan peminjaman, layanan pembayaran denda, layanan inventarisasi skripsi, dan layanan presensi.

Ketiga, beberapa hambatan yang dialami pustakawan dalam pemanfaatan teknologi informasi di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang adalah teknologi informasi mengalami kerusakan, terjadi pemadaman listrik, server database Sipadu pusat mengalami error, dan koneksi internet mengalami gangguan.

Keempat, cara pustakawan mengatasi hambatan terkait pemanfaatan teknologi informasi di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang disesuaikan dengan hambatan yang dialami pustakawan tersebut. Untuk teknologi informasi yang mengalami kerusakan, cara pustakawan mengatasinya adalah dengan diperbaiki sendiri. Jika tidak bisa diperbaiki sendiri, pustakawan akan memanggil teknisi. Jika teknologi informasi tetap tidak bisa diperbaiki, maka pustakawan akan membeli teknologi yang baru.Untuk pemadaman listrik, cara pustakawan Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang mengatasi hambatan tersebut adalah pustakawan menunggu sampai listrik kembali menyala. Selama pemadaman listrik pustakawan melakukan kegiatan yang tidak menggunakan teknologi informasi. Untuk server database Sipadu pusat yang mengalami error, cara mengatasinya adalah pustakawan menghubungi orang di bagian pusat TIK untuk memperbaiki server yang error. Untuk koneksi internet yang mengalami gangguan, pustakawan menghubingi pihak fakultas untuk meminta perbaikan koneksi pada pihak fakultas.

Saran yang diberikan terkait pemanfaatan teknologi informasi oleh Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang adalah Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang masih dapat menambahkan teknologi informasi lain seperti scanner atau RFID untuk digunakan di perpustakaan. Kegiatan pustakawan yang menggunakan teknologi informasi di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sudah banyak, tetapi masih ada kegiatan lain yang dapat ditambahkan, contohnya seperti layanan informasi koleksi terbaru. Peluang terjadinya hambatan yang dialami pustakawan dalam pemanfaatan teknologi informasi di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang harus lebih dikurangi lagi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara selalu mengecek kondisi teknologi informasi yang digunakan secara berkala. Cara pustakawan mengatasi hambatan terkait pemanfaatan teknologi informasi di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang harus lebih ditingkatkan lagi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara pustakawan harus menambah wawasan tentang teknologi informasi, sehingga jika ada kerusakan pustakawan dapat memperbaikinya sendiri tenpa harus memanggil teknisi.