Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pustaka Rujukan Skripsi Akuntansi Tahun 2011-2013 dan Ketersediaannya di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang

Defi Yuniati

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuniati, Defi. 2014. Pustaka Rujukan Skripsi Akuntansi Tahun 2011-2013 dan Ketersediaanya di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Progam Studi D3 Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widodo Hs. ,M.Pd , (II) Ali Mas’ud, S.Sos.

 

Kata Kunci: pustakarujukanskripsi, perpustakaan

 

Pustaka rujukan merupakan suatu unsur penting dalam penyusunan suatu karya ilmiah terutama dalam skipsi. Pustakarujukan yang berasal dari kata “pustaka” yang berarti bacaan dan kata “rujukan” berarti menunjukkan kepada, sehingga dapat disimpulkan bahwa pustaka rujukan adalah bahan bacaan yang siap untuk ditunjukkan kepada pengguna perpustakaan pada khususnya. Sedangkan kajian pustaka istilahnya hampir sama dengan pustaka rujukan yaitu telaah yang dilaksanakan untuk dilakukan memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan

Bahan pustaka adalah bahan tertulis, tercetak, terekam yang  berfungsi sebagai pusat informasi dan merupakan hasil karya pemikiran manusia. Jenis bahan pustaka dituangkan dalam jenis media, baik tercetak maupun tidak tercetak. Karya cetak adalah hasil pemikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk cetak, sepertibuku, dan terbitan berseri, sedangkan karya tidak tercetak meliputi bahan pustaka, dimana informasi yang disampaikannya bisa dalam bentuk suara, gambar, teks, dan juga kombinasi dua atau tiga bentuk. karya tidak tercetak bisa seperti buku, majalah, jurnal, bibliografi. Sedangkan karya non cetak, meliputi bahan pustaka, dimana informasi yang disampaikan bisa dalam bentuk suara, gambar, teks, dan juga kombinasi dua atau tiga bentuk diatas. Jenis bahan pustaka karya tercetak ini adalah rekaman suara, film dan rekaman video.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh 3 (tiga) kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, buku yang paling sering digunakan skripsi akuntansi tahun 2011-2013 di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang adalah (1)  prosedur penelitian, suatu pendekatan praktik yang memperoleh 31 frekuensi dengan persentase sebesar 14,55 %;  (2) pedoman penulisan karya ilmiah Universitas Negeri Malang yang memperoleh 28 frekuensi dengan persentase sebesar 13,15 %; (3) belajar dan pembelajaran yang memperoleh 20 frekuensi dengan persentase sebesar 9,39 % ; (4) metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r & d yang memperoleh 18 frekuensi dengan persentase sebesar 8,46 %; (5) belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya yang memperoleh 15 frekuensi dengan persentase sebesar 7,04 %; (6) skripsi yang memperoleh 98 frekuensi dengan persentase sebesar 46,01 %, dan (7) tesis yang memperoleh 3 frekuensi dengan persentase sebesar 1,41 %.

Kedua, sumber lain (selain buku) yang digunakan skripsi akuntansi tahun 2011-2013 di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang adalah (1) sumber dari internet yang memperoleh 119 frekuensi dengan persentase 69,60 %;  (2) sumber dari jurnal yang memperoleh 47 frekuensi dengan persentase 27,48 %, dan (3) sumber dari majalah yang memperoleh 5 frekuensi dengan persentase 2,92 %. Ketiga yaitu ketersediaan pustaka rujukan skripsi akuntansi tahun 2011-2013 di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang adalah berupa jenis buku. Buku yang dimaksud tersebut adalah (1) buku umum yang memperoleh frekuensi 131 dengan persentase sebesar71,98 %; (2) buku penelitian yang memperoleh frekuensi 49 dengan persentase sebesar 26,93 %, dan (3) kamus yang memperoleh frekuensi 2 dengan persentase 1,09 %.