Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SISTEM PENCATAT PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 8 MALANG BERBASIS PHP DAN MYSQL

Fahrizal Deny Devgan

Abstrak


ABSTRAK

 

Devgan, Fahrizal Deny. 2014. Pengembangan Sistem Pencatat Pengunjung Perpustakaan di SMA Negeri 8 Malang berbasis PHP dan MySql. Tugas Akhir. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widodo HS., M.Pd, (II) Drs. Darmono, M.Si.

 

Kata Kunci: sistem pencatat pengunjung perpustakaan, pengembangan sistem, aplikasi

 

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh  sekolah sebagai sarana pendukung dan penunjang proses kegiatan belajar mengajar bagi para murid. Dalam perkembangan perpustakaan, pemanfaatan teknologi informasi sangat dibutuhkan mengingat tuntutan masa sekarang. Di Perpusatakaan SMA Negeri 8 Malang memiliki siswa aktif maupun pasif yang sering berkunjung di perpustakaan. Namun, dalam pelaporan data pengunjung belum begitu konsisten, akurat dan lambat. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan sistem pencatat pengunjung manual menjadi terotomasi/terkomputerisasi.

Metode pengembangan yang dipakai oleh peneliti adalah metode pengembangan model waterfall, yaitu analisis, desain, kode, tes/uji. Produk ini dirancang dan dihasilkan oleh peneliti menggunakan bahasa pemrograman PHP: Hypertext Preprocessor dan menggunakan basisdata MySql. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner validasi ahli yang dilakukan oleh anggota Pusat TIK Universitas Negeri Malang sebagai validator.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pengolahan data pengunjung perpustakaan secara cepat, akurat, dan tepat sesuai yang dibutuhkan oleh SMA Negeri 8 Malang. Berdasarkan hasil analisis, sistem pencatat pengunjung ini sudah efektif dan efisien untuk diterapkan di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang.