Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERAN DAN CARA PERPUSTAKAAN DALAM MEMBANGUN BUDAYA BACA SISWA SMA NEGERI 1 LAWANG

Muhammad Fahmi

Abstrak


ABSTRAK

 

Fahmi, Muhammad. 2013. Peran Perpustakaan Untuk Melestarikan Budaya Baca Siswa SMA Negeri 1 Lawang. Program Studi Diploma Tiga Perpustakaan. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Suyono, M.Pd, (II) Dra. Suharti, S.I.P

 

Kata Kunci : Peran Perpustakaan, Cara Perpustakaan, Budaya Baca

 

Peran perpustakaan sangat sentral dalam membina dan menumbuhkan kesadaran membaca. Kegiatan membaca tidak bisa dilepaskan dari keberadaan dan tersedianya bahan bacaan yang memadai baik dalam segi jumlah maupun kualitas bacaan. Pada aspek lain minat baca senantiasa perlu dikembangkan. Dalam lingkungan anak usia sekolah usaha pengembangan minat baca dapat dilakukan dengan prinsip jenjang dan pikat. Prinsip pertama perlu adanya usaha untuk memikat pengguna untuk mulai menyenangi kegiatan membaca. Prinsip kedua perlu ada upaya untuk mengondisikan perlunya penyediaan materi bacaan yang sesuai dengan perkembangan anak yang dapat memperkuat minat baca anak, yang senantiasa mendorong anak untuk maju menuju pada kegiatan membaca yang berkualitas.

Adanya penelitian yang lebih mendalam peran dan cara perpustakaan dalam membangun budaya baca siswa SMA Negeri 1 Lawang dapat menambah pemahaman dan keinginan pemustaka di perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang. Pada Tugas Akhir ini membahas tentang peran dan cara perpustakaan dalam membangun budaya baca siswa SMA Negeri 1 Lawang. Tujuan penelitian ini yaitu agar lebih mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap peran dan cara perpustakaan dalam membangun budaya baca.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan data kualitatif yang diperoleh dari data wawancara dan dokumentasi foto. Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi foto maka didapatkan hasil bahwa siswa dan guru merasa puas dan maksimal dengan peran dan cara perpustakaan untuk membangun budaya baca siswa SMA Negeri 1 Lawang tetapi ada beberapa cara perpustakaan yang perlu diperbaiki.

Saran terhadap pihak terkait untuk membangun budaya baca siswa SMA Negeri 1 Lawang adalah: 1) Secara keseluruhan peran perpustakaan dalam membangun budaya baca siswa SMA Negeri 1 Lawang  telah memberikan kepuasan yang maksimal terhadap pemustaka. ; 2) Saran untuk komunitas cinta buku (KCB) adalah  pembentukan organisasi dan program kerja yang resmi dalam keanggotaan komunitas cinta buku sangat membantu untuk meningkatkan kualitas komunitas ini baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Keberhasilan kualitas komunitas cinta buku nantinya akan berdampak pada peningkatan minat baca siswa. ; 3) Saran untuk prasarana perpustakaan adalah Komputer atau internet perlu untuk ditinjau sehingga komputer atau internet yang digunakan dapat bekerja dengan baik. Selain itu, petugas perpustakaan sangat disarankan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan teknologi informasi serta tetap mengikuti perkembangannya, sehingga dapat siap sedia untuk membantu pemustaka dalam penggunaan internet atau komputer (internet corner). Dengan ini diharapkan pula tidak terjadi penyalahgunaan oleh pemustaka  kepada prasarana perpustakaan.